Top 30 Myres Tingkat Nasional, Dua Siswa MTsN 6 Kabupaten 50 Kota Bawa Nama Sumbar

Limapuluh Kota, Humas – Usai ditetapkan masuk dalam Top 30 Madrasah Young Researcher (MYRES) Tingkat Nasional Tahun 2024, dua siswa MTsN 6 Limapuluh Kota, kembali mengikuti tahap monitoring dan bimbingan. Bersama 300 lebih peserta Top 30 Myres Nasional dari berbagai provinsi di Indonesia, mereka berkumpul di Aula MAN 2 Kota Malang selama 2 hari, 9 hingga 10 Agustus 2024 kemarin.

Adalah  Reva Nesya Zilvi dan Salsabila Karin, dua siswa berprestasi dari MTSN 6 Limapuluh Kota ini, terus berjuang dalam meraih pemuncak pada kompetisi Myres tahun ini. Didampingi dua guru pembimbing, Bayu Dewantara dan Angie Mapanta, mereka serius mengikuti babak ini, demi mengharumkan nama Sumatra Barat, khususnya madrasah.

Sebelum mengikuti kegiatan, Achmad Shampton Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, dalam sambutannya saat pembukaan mengatakan, penelitian sudah mendarah daging bagi umat islam seperti pakar-pakar pendahulu. Maka dari itu, melalui ajang Myres, diharapkan akan lahir generasi-generasi yang cerdas, kritis, serta mampu menjadi insan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

Bayu Dewantara didampingi Angie Mapanta, saat dikonfirmasi menjelaskan, pada tahap ini, peserta mendapat bimbingan langsung dari dewan juri yang akan menilai presentasi Top 30 nanti. Para juri memberikan arahan dan memonitoring sudah sejauh mana penelitian yang mereka  lakukan. Para juri mempreteli hasil penelitian sambil memberikan masukan demi kesempurnaan penelitian.

“Peserta dibimbing one by one, sehingga mereka benar-benar tahu seperti apa penelitian yang bagus dan apa yang kurang dari penlitian yang sudah mereka kerjakan. Selain itu mereka juga dapat berkonsultasi jika ada yang masih dikeragui. Kita juga bersyukur siswa kita mendapat pelajaran berharga ini,” ungkap Bayu.

Dihubungi terpisah, saat ditanya terkait perasaan mereka sampai ke tahap ini, Reva dan Salsa mengatakan bahwa mereka sangat bahagia dan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan menjadi pengalaman berharga yang tak bisa mereka lupakan. Mereka mohon doa restu agar bisa mempersembahkan yang terbaik pada penilaian Top 30 nantinya.

Kepala MTsN 6 Limapuluh Kota, Muhardi, menyatakan syukur dan selamat atas pencapaian siswanya hingga tahap ini. Muhardi menegaskan, dukungan akan terus diberikan kepada para siswanya dalam upaya meraih prestasi. Terkhusus kepada kandidat Myres, Muhardi mengatakan akan terus menggiring siswanya hingga mampu mempersembahkan yang terbaik nanti.

“Presentasi Top 30 Myres ini nanti diselenggarakan pada 27 Agustus 2024. Kita mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar Reva dan Salsa mampu meraih hasil terbaik dan masuk ke tahap berikutnya 6 Top Myres, yang akan diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara," ujar Muhardi.(w/by/Nina)

 


Editor: Nina
Fotografer: Bayu