Koto Baru, Humas – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Solok terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pendampingan kurikulum merdeka yang intensif. Kegiatan ini dilakukan oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Solok, Ulil Amri, MM, dan disambut antusias oleh Kepala MTsN 2 Solok, Erdinal, S.Ag.
Bertempat di Mushalla MTsN 2 Solok, Kamis (25/7). Dalam kegiatan ini, Ulil Amri menjelaskan bahwa kurikulum merdeka atau KOM merupakan sebuah perubahan besar dalam dunia pendidikan. KOM yang sebelumnya disingkat menjadi KM, kini mengacu pada Kurikulum Madrasah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 450 Tahun 2024.
"KOM ini mencakup capaian pembelajaran dan analisis karakter siswa. Prinsip utamanya adalah kontekstual dan akuntabel," ujar Ulil Amri.
Lebih lanjut, Ulil Amri menjelaskan bahwa terdapat lima komponen utama dalam implementasi kurikulum merdeka, yaitu:
Analisis karakteristik madrasah: Memahami keunikan dan potensi masing-masing madrasah.
Visi, misi, dan tujuan: Menentukan arah pengembangan madrasah.
Pengorganisasian pembelajaran: Merancang model pembelajaran yang efektif.
Perencanaan pembelajaran: Menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Evaluasi: Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kepala MTsN 2 Solok, Erdinal, S.Ag, menyampaikan terima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh Pengawas Madrasah. "Kami sangat berterima kasih atas ilmu yang telah dibagikan. Dengan adanya pendampingan ini, kami berharap proses pembelajaran di MTsN 2 Solok dapat berjalan lebih lancar dan efektif," ujarnya. Rahmat | Fendi