TUMBUHKAN BAKAT WIRAUSAHA SEJAK DINI MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN SABUN “MADU LIKO CLEAN” DI MTsN 2 LIMA PULUH KOTA

Limbanang-Humas – Salah satu sasaran strategis yang ingin dicapai Kementerian Agama adalah meningkatnya kompetensi sumber daya manusia yang profesional, shaleh, Moderat, Cerdas, dan Unggul. 

MTsN 2 Lima Puluh Kota mengadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi guru madrasah dan siswa-siswinya. Kegiatan yang berlangsung di MTsN 2 Lima Puluh Kota, 24 – 25 Agustus 2024 ini diikuti 30 orang guru madrasah dan 20 orang siswa siswi MTsN 2 Lima Puluh Kota.

Acara Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, Dr.H.Irwan,M.Ag. dan diikuti antusias oleh seluruh majelis guru dan siswa MTsN 2 Lima Puluh Kota, Sabtu (24/08/24).

Kepala Madrasah MTsN 2 Lima Puluh Kota, Hj.Yuharniza,M.Pd menjelaskan pelatihan ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memunculkan ide bisnis yang bisa dikelola di lingkungan madrasah.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini, adalah Dr.Khairani,M.Pd dosen Universitas Negeri Padang, yang telah sukses membangun Keterampilan dan mendapat berbagai penghargaan dari Harvard University, serta menjalin kerjasama dengan berbagai instansi untuk mendukung program keterampilan. Menurutnya, konteks kewirausahaan di lingkungan madrasah tidak hanya berorientasi pada menjual produk dan mendapat keuntungan. “Kewirausahaan madrasah itu tidak hanya jual produk, tapi madrasah mampu mempublish, marketing, dan membangun relasi kerjasama juga bagian dari kewirausahaan,” jelas Dr.Khairani, M.Pd.

Dalam Pelatihan tersebut dihasilkan beberapa produk seperti Sabun cuci piring ( Madu Liko Clean), miniature rumah gadang dan jam gadang, pin dan gantungan kunci serta gelas yang diberi label foto dan tulisan. Dan Alhamdulillah menyala produk-produk baru di MTsN 2 Lima Puluh Kota.

Dengan adanya Pelatihan ini, dapat tumbuhkan bakat wirausaha sejak dini di madrasah, juga memberikan dampak positif tidak hanya untuk pengembangan kewirausahaan di kalangan majelis guru dan siswa, tetapi juga meningkatkan rasa syukur dan kebahagiaan di lingkungan madrasah.

Kaur Tata Usaha MTsN 2 Liko, Nasrul,S.Ag sangat bersyukur dan senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat meningkatkan minat entrepreneur anak sejak dini,” ungkap Nasrul,S.Ag. Semoga kegiatan serupa dapat terus diadakan untuk memupuk minat entrepreneur generasi penerus “tambahnya.(RA)


Editor: (RA)
Fotografer: -