Tutup Manasik Haji,H. Mahyudin Apresiasi Jamaah Haji Kota Payakumbuh

Payakumbuh,Humas--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin yang didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben serta Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hj. Sri Yusnita,menjadi narasumber sekaligus menutup ecara resmi rangkaian manasik haji tingkat Kota Payakumbuh,Jum'at (3/5/2024).

Dipusatkan di Aula Kankemenag Kota Payakumbuh,kegiatan tersebut diikuti 228 jamaah haji Kota Payakumbuh yang berangkat untuk musim haji 1445 H / 2024 M.

Pada kesempatan ini Kakanwil sangat mengapresiasi semangat jamaah haji Kota Payakumbuh dalam melaksanakan manasik haji.

"Kita mendapat informasi dari Kakankemenag bahwa jamaah haji Kota Payakumbuh masih ingin dan minta tambah dalam pelaksanaan praktek manasik haji,ini sungguh luar biasa sebab dari 19 Kabupaten/Kota yang dikunjungi baru jamaah haji Kota  Payakumbuh yang minta tambah untuk pelaksanaan praktek manasik haji,sekali lagi ini sangat luar biasa",ujar Kakanwil.

Ilmu manasik memang sangat penting,sebab merupakan bekal yang harus jamaah haji dapatkan supaya di tanah suci nantinya bisa menjadi seorang jamah haji yang mandiri dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,tambahnya.

Pada kesempatan ini Kakanwil menyampaikan agar jamaah haji memenfaatkan kesempatan kegiatan manasik haji dengan sebaik-baiknya

"Mengingat biaya perjalanan ibadah haji sangt mahal,maka manfaatkanlah kesempatan manasik haji ini dengan sebaik-baiknya,karena sangat kecil peluang untuk bisa melaksankan ibadah haji kembali,sebab untuk mendaftar haji kembali bagi jamaah haji tahun ini harus menunggu sepuluh tahun dan ditambah 23 tahun antrian untuk bisa melaksanakan ibadah haji,"ulasnya.

Sebelum menutup rangkaian manasik haji, Kakanwil berpesan kepada seluruh jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dan Kakanwil juga mendo'akan semoga seluruh jamaah haji Kota Payakumbuh mendapatkan haji yang mabrur.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben menyampaikan bahwa pelaksanaan manasik haji dilaksanakan selama 10 kali kegiatan yaitu 8 kali ditingkat Kecamatan  yang dipusatkan di Kecamatan Payakumbuh Barat,Kecamatan Payakumbuh Timur dan di Kecamatan Payakumbuh Utara serta 2 kali ditingkat Kota Payakumbuh.

Juga dilaporkan bahwa jumlah jamaah haji Kota Payakumbuh tahun 2024 tercatat sebanyak 228 orang jamaah yang tergabung pada Kloter X Gelombang Kedua  bersama jamaah haji Kota Padang Panjang,Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sesuai jadwal, berangkat dari Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang  pada tanggal 22 Mei 2024 dan dari Embarkasi menuju tanah suci pada tanggal 23 Mei 2024. (Algeri)

 


Editor: -
Fotografer: Busra Algeri