Tutup Raker Pessel, Helmi Tekankan Pentingnya Pedomani Sembilan Hasil Rakernas

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Rapat Kerja (raker) Tahun 2023 di Pandan View, Kawasan Wisata Madeh, Sabtu (20/5/2023) dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Ketua pelaksana, Kasubbag TU, Yossef Yuda dalam laporannya mengatakan, Raker ini pelaksanaannya dua tahap.

"Tahap pertama adalah pra raker di aula kantor untuk merumuskan program kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melalui rapat komisi dan sidang pleno selama dua hari," ungkap Yossef Yuda.

Kemudian dikatakan, kegiatan kedua merupakan penyerahan hasil pra raker dari panitia kepada kepala kantor sekaligus pembinaan dari kakanwil sekaligus menutup Raker Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan di Pandan View.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda di hadapan kakanwil menyampaikan, raker ini merupakan tindak lanjut dari Rakerwil yang telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Sekaligus kata Abrar, raker ini menjadi wahana refleksi dan evaluasi terhadap kinerja jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Adapun tujuan diadakan raker kali ini ialah sebagai evaluasi capaian kinerja tahun 2022, dan merumuskan secara strategis pelaksanaan program kerja tahun 2023,” ujar Abrar.

Diantara 9 program prioritas hasil rakernas, kata Abrar terkait dalam peningkatan pelayanan publik, Kemenag Pessel diberi kepercayaan Sekretariat Jenderal Kemenag RI bersama empat satker lainnya mewakili Kemenag sebagai satker pelopor pelayanan publik berbasis kelompok rentan.

"Selanjutnya untuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Kemenag Pessel juga telah lulus dari penilaian Kemenpan RB, saat ini tinggal menunggu hasil penilaian dari bobot proposal dan video," terang Abrar.

Juga terkait dengan pembangunan ZI menuju WBK, Kemenag Pessel juga telah mempersiapkan itu semua dan tinggal menunggu hasil penilaian.

Kemudian lanjut Abrar Munanda, Kemenag Pessel saat ini juga dalam persiapan lomba penilaian PPID.

"Itu semua terlaksana berkat dukungan, kerjasama, kolektivitas, dan komitmen semua unsur dan elemen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan di dalam menjalankan tugas dan fungsinya demi kemajuan lembaga," ujar Abrar.

Sementara itu Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi dalam arahannya menuturkan bahwa raker bertujuan untuk mengevaluasi dan mengsingkronkan, serta mengsinergikan hasil rancangan program kerja, baik di pusat maupun di daerah sehingga program kerja yang akan dianggarkan pada DIPA Tahun 2023 bisa lebih terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik.

"Evaluasi sangat penting untuk kemajuan organisasi kita ke depan dalam rangka percepatan pelaksanaan program prioritas Kemenag, dan memperkuat strategi birokrasi untuk percepatan transformasi pelayanan terhadap umat," ujar Helmi.

Pada kesempatan itu Helmi menyampaikan, dari 19 Kankemenag kabupaten dan kota se-Sumatera Barat, Kemenag Pessel termasuk dalam empat besar satker dalam capaian realisasi anggaran di tahun 2022.

Kemudian Helmi menekankan tentang perlunya mempedomani 9 rekomendasi hasil Rakernas Kemenag RI yang sudah menjadi landasan dalam kebijakan jajaran Kementerian Agama.

Helmi juga mengimbau kepada Kantor Kementerian Agama se -Sumatera Barat agar mensosialisasikan program-program kerja di tahun 2023.

Helmi berharap raker ini dapat melahirkan program kerja yang lebih baik dalam rangka mewujudkan program prioritas Kemenag di masa mendatang.

"Hendaknya di dalam raker ini kita mendapatkan ide-ide cemerlang dan melahirkan program kerja yang tangguh guna memajukan Kementerian Agama kedepan," harap Helmi.

Sebagai akhir arahannya sebelum menutup raker, Kakanwil menegaskan agar kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan 9 Program Kerja Kementerian Agama dan memberikan realisasi layanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan semua jajaran dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang terdiri dari pejabat fungsional dan struktural, pelaksana, ketua DWP, pegawai non PNS, utusan kepala madrasah, utusan kepala KUA, penyuluh agama Islam PNS dan Non PNS, pengawas madrasah, pengawas PAI. (zn)


Editor: -
Fotografer: -