Undang OPD Terkait, Kemenag Kab. Solok gelar Rakor Keberangkatan Haji

Koto Baru, Humas - Mempersiapkan keberangkatan haji tahun 1445 H / 2024 M, Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Selasa (14/5).

Rapat ini diikuti oleh Kabag Kesra Setda Kabupaten Solok, Mardaus, Sekretaris Satpol PP  Al Fajri, Sekretaris Dinas Perhubungan Hanafi, Perwakilan Polres Solok dan perwakilan Polsek Kubung dan iikuti oleh seluruh kepala KUA Kecamatan serta Panitia Pemberangkatan Jemaah Haji Kabupaten Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam hantarannya menyampaikan bahwa Jemaah Haji Kabupaten Solok akan tergabung dalam Kloter XV dan Kloter XVII Embarkasi Padang bersama jemaah dari Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok Selatan serta kota Padang.

"Kita dijadwalkan masuk asrama haji Tabing hari Selasa (28/5) pukul 17.00 WIB, kemudian himbauan yang Menteri Agama yang terkait seremonial pelepasan jemaah haji ini adalah sesingkat dan seringkas mungkin, untuk itu diharapkan sama-sama memaklumi untuk ditindaklanjuti," ujar H. Zulkifli.

Sedangkan untuk 20 orang jemaah yang masuk kloter XVII dijadwalkan masuk Asrama haji pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2024 pukul 21.00 WIB.

"Jemaah yang masuk kloter XVII sebanyak 20 tergabung dalam kloter sapu jagat, gabungan dari seluruh kabupaten / kota yang masuk kuota tambahan / cadangan," ulas Kakan Kemenag.

Dijelaskan oleh Kakan Kemenag, selama berada di asrama haji, selian mengikuti seremonial pelepasan oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat, jemaah nantinya akan menjalani pemeriksaan kesehatan, menerima living cost dan terakhir boarding pass sebelum naik bus menuju bandara.

"Proses imigrasi dan boarding jemaah akan dilaksanakan di asrama haji, setelah naik bus, bus akan disegel oleh petugas Imigrasi dan nantinya langsung menuju pesawat," tukuk H. Zulkifli.

Menutup hantaran katanya, Kakan Kemenag menyampaikan bahwa untuk koper bagasi jemaah, nantinya akan diantar langsung ke bandara.

Kabag Kesra, Mardasus menyampaikan bahwa untuk seremonial akan dilakukan di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru pada Selasa 28 Mei 2024 pagi yang akan dilepas langsung oleh Bupati Solok H. Epyardi Asda dan dihadiri oleh Forkopimda.

"Untuk tahun ini, keberangkatan jemaah dari Kabupaten Solok menuju embarkasi menjadi tanggungan pemkab seperti tahun lalu, begitu juga dengan koper jemaah haji akan disediakan truknya oleh Pemkab nantinya," ujar Kabag Kesra.

Kemudian terkait seremonial, kita ikuti himbauan Menteri Agama yakni singkat padat khidmat. "Nantinya cm ada laporan Kakan Kemenag, Doa dan sambutan Bupati sekaligus penyerahan panji daerah kepada Ketua Rombongan dan Ketua regu," ulas Mardaus.

Tak lupa Mardaus mengingatkan peran serta Dinas Perhubungan dangan pengaturan parkir kendaraan keluarga jemaah serta PErsonil Satpol PP menjaga keamanan dan ketertiban selama acara hingga jemaah naik bus.

Dalam rapat ini diputuskan, jemaah haji Kabupaten Solok berangkat dari Islamic Center Koto Baru menuju asrama haji Embarkasi Padang sekitar pukul 11.00 WIB setelah seremonial pelepasan oleh Bupati Solok, hal ini dilakukan mengingat kondisi jalan Solok - Padang saat ini yang kurang kondusif sedangkan jalan alternatif melewati Lembah Anai putus sama sekali, untuk mengantisiapasinya dipilih berangkat lewbih awal. fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi