Usai dilepas Kakanwil, Malam Ini Kontingen KSM dan Myres Sumbar Bertolak Menuju Kendari

Padang (Humas)- Ketua Tim Kesiswaan H Hami Mulyawan selaku perwakilan pimpinan kontingen, mengatakan usai dilepas Kakanwil secara resmi hari ini, Sabtu (02/09) di Aula AB I, kontingen Sumbar akan bertolak menuju Kendari pada pukul 19.30 WIB malam ini.

Hami Mulyawan menginformasikan setiba di Kendari nanti, peserta KSM dan Myres Provinsi Sumbar Sumbar akan diinapkan di D'Blitz Hotel Kendari. Dalam jadwal, diperkirakan akan sampai di Kendari besok 03 September pukul 07.00 WITA.

Sebelum keberangkatan, Hami mengaku sebelumnya telah mengingatkan seluruh peserta terkait perlengkapan ataupun ketentuan keberangkatan. Sedikitnya ada beberapa hal yang dikedepankan Hami kepada peserta sebelum keberangkatan.

Pihaknya menuturkan agar peserta sudah dipastikan telah mengisi link biodata khusus kontingen KSM.

Kedua, bagi peserta KSM dianjurkan untuk membawa perlengkapan alat tulis seperti ballpoint, pensil, penghapus, penggaris, jangka dan hal penting lainnya Termasuk peralatan yang harus dibawa oleh siswa eksplorasi/eksperimen adalah jas laboratorium dan kalkulator saintifik.

Ketiga, peserta agar membawa obat-obatan pribadi yang khusus digunakan (jika ada).

Keempat, membawa pakaian olahraga, seragam sekolah/madrasah dan pakaian harian lainnya.

“Karena pada saat lomba nanti, peserta akan mengebaka pakaian seragam madrasah/sekolah.” Jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar koper yang dibawa tidak melebihi kapasitas aturan dan SOP maskapai penerbangan.

“Pastikan berat isian koper tidak melebihi 17 kg,” ujar Hami merinci poin kelima.

Keenam, agar peserta mengusahakan tas yang dibawa ke pesawat/kabin tidak berat agar tidak keteteran. 

“ Yang tak kalah penting, tetap ingat membawa KTP Asli dan bagi siswa membawa fotokopi KK dan Kartu pelajar. Kalau bisa membawa cemilan/snack seperlunya, karena perjalanan penerbangan ini cukup panjang,” katanya.

Sebelumnya, dalam laporan Hami menuturkan laporannya bahwa KSM merupakan kegiatan yang digelar Kemenag secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan pendidikan madrasah hingga tingkat nasional.

“Sebagai wahana para para siswa madrasah, dalam menguji kemampuan,” katanya.

Sedangkan Myres merupakan kompetisi yang diselenggarakan Kemenag untuk menumbuhkan budaya penilitian dikalangan siswa madrasah. Sekaligus mendorong bagaimana hasil penilaian tersebut orisinil, berkualitas dan kompetitif.

Ia melaporkan dasar pelaksanaan selain Kep Ditjen Pendis Kemenag RI nomor 1864 Tahun 2023 tanggal 3 April tentang Juknis KSM, juga didasari Keputusan Ditjen Pendis nomor 1561 tahun 2023 tanggal 16 Maret tentang Juknis Myres. Surat Ditjen Pendis 18 Agustus 2023 tentang pendamping KSM 2023 dan regulasi terkait lainnya 

Secara khusus, lanjutnya, tujuan KSM 2023 adalah menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sehingga dapat menumbuhkan dan mencintainya.

Kedua,  KSM dan Myres dapat menjadi ajang yang efektif dan strategis dalam rangka memupuk motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama Islam.

Ketiga, menumbuhkan budaya kompetitif  yang sehat, sportif dikalangan siswa. Keempat, menggali potensi bibit unggul untuk mengikuti KSM hingga kancah nasional. Kelima,   terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidangnya masing-masing.

Sebelumnya, dalam laporan Hami menjelaskan pada ajang tersebut ratusan siswa-siswi madrasah dari seluruh Indonesia akan bersaing memperebutkan juara pada sebelas mata lomba, yakni Matematika dan IPA untuk jenjang Madrasah Ibtidiyah (MI), Matematika, IPA, dan IPS untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, dan Ekonomi pada jenjang Madrasah Aliyah (MA).

Dimana Sumbar tahun ini mengutus 17 peserta terdiri dari 11 orang peserta KSM dan 6 orang lainnya untuk Myres. Berangkat dari teman kegiatan KSM kali ini

“2 orang jenjang MI, jenjang MTs/SMP sebanyak 3 orang, dan jenjang MA/SMA 6 orang terdiri dari 4 orang siswa SMA dan 2 orang siswa madrasah. Untuk kontingen Myres ada tiga tim yang memiliki pada konsennya masing masing,” ujar Hami.

Disinggung soal target untuk tahun ini, Hami mengaku Sumbar memiliki target bisa mendapatkan dua medali emas.

“Dengan optimis dan do’a kita bersama, kita targetkan bisa berhasil mencapai lima besar nasional tahun 2023 ini,” harapnya.

Hingga berita ini diturunkan, rombongan KSM dan Myres Sumbar masih menunggu penerbangan. Sesuai jadwal, seharusnya rombongan sudah diberangkatkan pada pukul 18:30 WIB. Hanya saja karena kendala teknis, penerbangan ditunda selama 1 jam, sehingga insyaallah akan diterbangkan pada pukul 19:30 WIB malam ini.(vera)

 

 

 

 

 

 


 


Editor: -
Fotografer: -