Disela Registrasi Peserta, Kontingen Porsadin ke-VI se-Sumbar Disambut di Halaman Kantor Bupati Pessel

Painan (Humas)-  Mewakili Kakanwil Ketua Tim Pendidikan Diniyah Takmiliyah H Indra Gunawan hadir saat penyambutan kontingen Porsadin ke VI se-Sumatera Barat di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan.

Disambut Bupati diwakili Sekda Pesisir Selatan Mawardi Roska, pada kesempatan itu juga berlangsung penyerahan penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang datang paling awal di Pesisir Selatan. Diantaranya Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok dan Dharmasraya.

Dalam sambutan Sekda Pesisir Selatan menuturkan hakikat dari Porsadin adalah untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah. Porsadin seyogyanya menjadi sebuah model, untuk mencari kader generasi Islam berdasarkan kejujuran dan keikhlasan.

“Lebih kurang lima juta penduduk Sumbar, kalau di olahraga mencari 22 orang tidaklah sulit. Tapi justru sulit ketika kejujuran tidak ada. Dengan Porsadin ini semoga betul betul menjadi wadah mencari kader yang bernas kedepan,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa nilai nilai keagamaan semestinya betul-betul menjadi acuan untuk menerapkan kejujuran dalam perlombaan ini.

Ia mengungkap sebuah pameo. “ Jan sampai kalah pahala dari piala.” Imbuh Mawardi Roska. Untuk itu pihaknya meminta dewan hakim dan panitera dengan modal nilai agama itu bisa menghasilkan bibit bibit generasi Islam berprestasi dari Sumbar melalui Iven Porsadin.

“ Baik dari cabang olah raga maupun seninya. Sehingga kita bisa menjadi yang terdepan di tingkat nasional nanti,” jelasnya.

Berangkat dari hal itu, pihaknya mengungkapkan apresiasi yang luar biasa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Panitia Lokal Porsadin ke-VI serta segenap komponen masyarakat Pesisir Selatan yang telah menyumbangkan waktu, pikiran dan biaya. 

“Sehingga dapat berpartisipasi membantu kelancaran pelaksanaan Porsadin ini. Baik dari para orang tua, jajaran sekolah, UMKM, masyarakat, majelis taklim, pedagang, pengurus masjid, BKMT, semuanya ikut berpartisipasi menyambut kedatangan saudara yang seiman dalam Iven Porsadin.” Ungkapnya.

Untuk itu Mawardi Roska berharap semoga dengan Iven ini ukhuwah Islamiyyah semakin kuat dan membumi syiar dakwah Islam di Sumatera Barat. 

“Sebagai tuan rumah merasa bersyukur dan berbahagia atas kedatangan saudara semua untuk mengikuti Porsadin ke-VI di Pessel.” Katanya.

Terkait hal itu, atas nama pemerintah Kabupaten Pessel mewakili Bupati, ia mengucapkan terimakasih yang tak terhingga dan selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Selamat datang dan terimakasih yang tak terhingga. Kedatangan di negeri sejuta pesona, kami harap keakraban sesama peserta lebih kuat lagi, sehingga nilai Al-Qur’an semakin membumi dihati,” pintanya.

Disamping itu ia berpesan kepada seluruh tamu yang hadir selama di Pesisir Selatan, agar bisa betah, dan menikmati suguhan alam dan kuliner yang ada. Tak lupa, pihaknya mengenalkan destinasi dan keindahan alam Pesisir Selatan. 

“Di Pessel ini ada pantai, pulau, bawah laut, ada gunung dan ada sungai. Semuanya dapat, ada puncak Langkisau, Air terjun Tembulun, bahkan durian disini juga khas. Akhirnya dengan mengucapkan alhamdulillhirabbilamaim, secara resmi kami terima kontingen Porsadin VI di Pessel,” tutupnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Zulfira Zaisal mengajak para Santri dan seluruh official serta pelatih untuk menyadari bahwa perlombaan Porsadin merupakan wadah silaturahmi. 

“Hari ini tidak lagi memandang daerah Kabupaten/Kota namun Sumatera Barat. Nasional sudah menunggu kita, bahwa Sumbar akan bisa meraih juara umum tingkat Nasional. Kami yakin dan percaya, bahwa sampai jam 1 malam, salah satu daerah sudah tiba di Pesisir Selatan,” jelasnya.

Bahkan, Kabupaten Pasaman Barat memiliki keinginan untuk bisa bertolak ke Pesisir Selatan pada subuh hari. “Mereka meyakini dengan berangkat pada saat subuh, restu akan datang saat itu,” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya Bukittinggi juga tak mau kalah dengan membawa satu tekad dan  keyakinan akan meraih juara umum pada Porsadin VI di Pessel. 

“Lalu apa kata Pesisir Selatan, insyaallah kalaubkami ridho. Semangat ini akan kita lakukan, insyaallah saudara kita se- Sumatera Barat akan hadir 19 Kabupaten/Kota, tidak ada yang akan mengundurkan diri.” Ungkapnya memberi spirit.

Ia berharap peserta yang hadir sebagai peserta, bukan hanya mengejar juara, namun memiliki satu tujuan mulia, ingin menggaungkan syiar agama Islam ke seluruh penjuru. 

“Mari kita marakkan syiar Islam di Kabupaten Pesisir Selatan. Kepada Bapak Sekda kami laporkan, mereka yang hadir saat ini di acara penyambutan, akan berlaga di Porsadin Pesisir Selatan."jelasnya.

Disamping itu pihaknya berharap seluruh pihak bisa menggelorakan semangat, seiring selangkah untuk menjaga kekompakan dan persatuan selama Porsadin berlangsung di Pesisir Selatan.

“Kalau ada saudara kita yang diamanahkan ke tingkat nasional nanti,  itu adalah utusan Sumatera Barat. Kepada seluruh official mari bersama bahu membahu ketika ada yang membutuhkan bantuan. Kami selaku panitia pelaksana siap untuk melayani bapak dan ibu semua ketika ada kendala. Jadi mohon di komunikasikan,” pintanya.

Selain itu, Ia mengajak seluruh jajaran panitia pelaksana untuk menghibahkan tenaga dan pikiran dengan sepenuh hati untuk kesuksesan Porsadin VI.

Hadir, pada momen ini Kabag Kesra Pemkab Pessel, Kakankemenag Kab Pessel diwakili Kasubbag TU Kankemenag Pessel H Yossef Huda, Kasi PD Pontren Sudirman, Ketua Panitia Pelaksana Zulfira  Zaisal, Kepala Dinas Pariwisata, Pengawas Sekolah, Pengawas PAI, Ketua kontingen dan peserta Porsadin se-Sumbar.

Untuk diketahui, sebelumnya telah berlangsung penerimaan registrasi peserta Porsadin VI di Auditorium Pemkab Pesisir Selatan sejak pukul 08:00 hingga 23:59 WIB malam ini.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR