Verifikasi Penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional di MTsN 1 Kota Pariaman

Pariaman, Humas—Verifikasi lapangan Penilaian Kota Pariaman Sehat Tingkat Nasional  di MTsN 1 Kota  Pariaman pada  Kamis  siang (7/9). MTsN  1  Kota  Pariaman,  mewakili madrasah dan sekolah di Kota   Pariaman  yang dinilai  dalam  verifikasi  penilaian sekolah  sehat tingkat  Nasional,  sebab pernah  juara 1  UKS/M tingkat  Propinsi  Sumbar tahun 2022.

Tim penilaian Kota  Sehat  Tingkat  Nasional  datang  ke  madrasah  langsung disambut dengan  gandang tasa dan sholawat Nabi  oleh  siswa  madrasah. Setelah itu  diadakan  pertemuan serta   tanya jawab  dan verifikasi  melihat  lingkungan madrasah dan ruang UKS  MTsN  1  Kota Pariaman, yang didampingi  oleh Kepala  Dinas  Kesehatan Kota  Pariaman, Nazifah dan  instansi  lainnya.  

MTsN 1  Kota  Pariaman  yang dipilih karena mewakili  Kota  Pariaman mendapatkan penghargaan UKS/M  tingkat  Propinsi  Sumatera  Barat  dan adiwiyata  Kota Pariaman, Propinsi Sumatera  Barat dan adiwiyata  Nasional  dan menuju Adiwiyata  Mandiri.   
Tim  verifikasi ingin mengetahui  bagaimana kegiatan  PBM, prestasi  guru dan siswa   dan keunggulan  madrasah, dan peran UKS dalam kesehatan siswa.  Pemeliharan  bangunan  diperhatikan apakah  ada  yang bocor, lantai  yang retak dan lainnya boleh setiap  bulan paling ideal  tiap semester sehingga  suasana  belajar  lebih nyaman dan menyenangkan.

Kepala  MTsN 1  Kota  Pariaman, yang diwakili Waka. Bidang Kurikulum, Nurul  Hidayati Suhaimi bahwanya  MTsN  1  Kota Pariaman  merupakan madrasah  yang tertua  di Kota  Pariaman, banyak mengukir pretasi baik  dibidang  akademik dan non akademik. Gurunya  berprestasi tingkat  Propinsi Sumatera  Barat  dan siswa  juga  berprestasi tingkat  Nasional. Tahfizh pernah  juara tingkat  nasional,  pernah  juara  2 Bahasa  Inggris  tingkat  Simatera  Barat.  Adiwiyata  tingkat  Kota Pariaman, Propinsi  dan Nasional  juga  Sekolah  Sehat Tingkat  Kota dan sekolah sehat tingkat  propinsi  Sumatera  Barat dan masih banyak prestasi  yang dicapai  yang lainnya.

Madrasah  kita   anti bully, tidak  ada  anak  yang merasa  tidak nyaman, semuanya aman  dari kekerasan  fisik dan non  fisik, bagaiama anak  lebih betah dan lebih menyenangkan dalam belajarnya yang lebih mengedepankan adab dan etika sehingga menjadi madrasah  yang insan cendikia yang berakhlak  mulia  dan menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat  sebagaimana  moto madrasah,”ujarnya.
Untuk sarana  yang sudah tua, sekarang sedang diperbaiki oleh  PUPR  yang mulai bekerja untuk merehab dan memperbaiki bangunan yang sudah tak layak dan diganti dengan bangunan  yang baru.

KaKan Kemenag  Kota  Pariaman, diwakili Kasi. Pendis, Syaiful  Azmi menyampaikan  sekolah atau madrasah  di Kota  Pariaman merupakan madrasah Adiwiyata, kenyamanan madrasah dimasukkan dalam kurikulum dengan   anggaran  DIPA.  Kementerian Agama  Kota  Pariaman bekerjasama  dengan   Dinas  Kesehatan  Kota  Pariaman dalam  bidang kesehatan, diantaranya   gerakan masyarakat  sehatbyang telah terlaksana, dan   juga  dalam UKS dan Adiwiyata  yang pernah mendapatkan prestasi  tingkat  propinsi Sumatera  Barat dan Nasional, “ungkapnya.

Kegiatan  tersebut  juga  dihadiri  Waka dan  seluruh majlis  guru dan  pegawai madrasah  MTsN  1  Kota  Pariaman    dalam  verifikasi lapangan Penilaian  Kota  Sehat  Tingkat  Nasional  tahun  2023.
Setelah  pertemuan berlangsung, tim verifikasi  langsung  melihat  lingkungan madrasah dan ruang UKS MTsN  1  Kota  Pariaman,  Turut  menghadiri  Kepala  Dinas  Kesehatan Kota  Pariaman, Nazifah  yang juga  Ketua  DWP Kanwil Kemenag   Sumbar,  juga dinas  terkait dan Kasi. Pendis  Kemenag  Kota  Pariaman, Forum Kota  Sehat  Pariaman dan  lainnya.  (tf)


Editor: -
Fotografer: -