Visitasi Akreditasi MAN 4 Agam Usai, Senyum Merekah di Sesi Wawancara dengan Tim Asesor Menjadi Top Picture

Humas, Agam­_ Jum’at, 22/9/2023 Visitasi akreditasi MAN 4 Agam telah usai bertepatan saat digelarnya acara temu akhir dengan tim asesor BAN-M provinsi Sumatera Barat Nofriandi dan Suryadi Fajri, kemaren Kamis 21 September 2023.

Hal itu dibenarkan oleh Desmayuni, waka humas MAN 4 Agam, saat dikonfirmasi kru pers MAN 4 Agam disela-sela kesibukannya dalam kegiatan itu. “Visitasi Akreditasi MAN 4 Agam yang dilaksanakan selama dua hari, 20-21 September 2023 berakhir hari ini ditandai dengan acara temu akhir sebagai kegiatan penutup”, ungkapnya.

Kepala MAN 4 Agam, Zulfahmi. M sekarang dapat bernafas lega karena tugas mulia ini telah tunai. Kepada tim asesor mengugkapkan rasa terima kasih atas bimbingan dan arahan demi perbaikan MAN 4 Agam. “Kami telah bersinergi untuk berbuat yang semestinya dan terbaik untuk MAN 4 Agam, namun kami yakin tentu masih ada hal-hal yang kurang sempurna yang harus disempurnakan sesuai bimbingan dan arahan dari tim asesor”, ungkap Zulfahmi.

Sesi penyambutan tamu ala MAN 4 Agam, suguhan atraksi Tambua Tansa yang menjadi tim nomor satu di provinsi itu, menjadi view yang paling berkesan bagi Suryadi Fajri, salah seorang asesor yang energik. “Atraksi Tambua Tansa MAN 4 Agam keren, saya menyukai suguhan budaya berkearifan lokal seperti ini. Distingsi seperti ini harus disupport dan ditingkatkan sehingga  menjadi passion bagi MAN 4 Agam di mata nasional, bila perlu”, papar Fajri.

“Kami senang berada di MAN 4 Agam, makanannya enak dan berkearifan lokal”, sambung Fajri yang mengaku baru pertama kali menyicipi Urai Pensi  sebutan lauk khas dari Danau Maninjau.

Hari pertama visitasi, digelar acara temu awal yang dipandu dengan apik oleh MC, Desmayuni. Kegiatan ini dipusatkan di Aula nan megah milik MAN 4 Agam. Diawali tampilan tahfizhul Quran, lantunan doa yang masing-masing dibawakan oleh siswa MAN 4 Agam. Lagu Indonesia Raya bergema memantik jiwa patriotisme setiap insan yang hadir dalam acara tersebut dibawah dirijen Sasi Amelia Santika.

Kegiatan hari pertama itu dilanjutkan dengan sesi wawancara tim asesor dengan para wali murid, komite MAN 4 Agam dan termasuk para pemuka masyarakat. Dilanjutkan dengan visitasi berkas-berkas sebagai bukti fisik ungahan.

Visitasi akreditasi selama dua hari itu awalnya sempat diramal cukup menegangkan dan menantang adrenaline tim solid MAN 4 Agam, namun Alhamdulillah akhirnya berlajan lancar sesuai harapan. Sesi visitasi berkas dan bukti fisik keempat standar merupakan momen yang membahagiakan. Tim empat standar melalui visitasi dan wawancara dengan asesor sambil senyum merekah, menjadi top picture bagi tim pers MAN 4 Agam dalam visitasi akreditasi tahun ini.

Febrial, Pengawas madrasah kabupaten Agam yang juga ikut mendampingi perjuangan stake holder MAN 4 Agam dalam visitasi kali ini, tidak henti-henti mensupport. Beliau mengaku salut dengan kinerja tim ini, dan besar harapan MAN 4 Agam bisa mempertahankan predikat A.

“Saya salut dengan kinerja stoke holder ini, solid dan energik. Rasa kekeluargaan sangat kental. Besar harapan kita kiranya MAN 4 Agam bisa mempertahankan predikat akreditasi A tahun ini”, ungkap Febrial bangga.

Hari kedua visistasi dilanjutkan observasi lapangan/fisik lingkungan MAN 4 Agam. Wawancara siswa-siswi MAN 4 Agam yang diambil secara random berjalan lancar dan penuh keakraban.

Dua orang guru yang disupervisi pada jam pelajaran ke 3-4 yang diambil secara acak, masing-masing Desmayuni pengajar Al Quran Hadits dan Dewi Susanti pengajar Fisika menjadi buah bibir bagi Nofiandri, asesor senior MAN 4 Agam. Beliau mengakui kehebatan guru MAN 4 Agam yang tampil saat disupervisi. “Guru MAN 4 Agam adalah guru hebat, hal ini harus saya sampaikan karena prinsip saya yang hebat pantas dipuji dan agar menjadi evaluasi bagi guru untuk berbagi dengan teman sejawat”, ungkap Nofiandri.

Ba’da Zuhur sekitar pukul 14.30 WIB, kegiatan temu akhir dilangsungkan. Nofiandri menyampaikan hasil visitasi akreditas MAN 4 Agam, bahwa akreditasi pada hakikatnya adalah upaya perbaikan madrasah dan pendidikan secara umum. “Kami hanya menuliskan apa yang ada dan apa yang telah dilakukan oleh stake holder MAN 4 Agam selama ini”, imbuhnya.

Diakhir pertemuan itu, Zulfahmi. M menyampaikan maaf yang sedalamnya kepada tim asesor. Tak lupa ucapan terimakasih kepada seluruh keluarga besar MAN 4 Agam, semoga lelah berbuah lillah dan berkah sehingga MAN 4 Agam kembali meraih akreditasi A tahun ini. Akhirnya suasana keakraban pada acara temu akhir itu ditutup dengan sesi poto bersama tim asesor. Desmayuni


Editor: -
Fotografer: -