Wakili Gubernur Sumbar, Hendri Hasbullah: Pendidikan Akhlak Santri Madin, Penentu Generasi Emas 

Padang (Humas) Kolaborasi dan sinergitas antara Pemerintah Daerah baik Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Provinsi dengan DPW FKDT dan instansi terkait Kemenag diharapkan dapat eksis dan berkembang dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar MDT dapat terfasilitasi dengan baik melalui kebijakan pemerintah pusat dan program Pemda.

Pandangan ini ditegaskan Hendri Hasbullah saat hadir mewakili Gubernur Provinsi Sumbar pada pelantikan 34 orang pengurus DPW FKDT Provinsi Sumbar, Minggu (04/02) di Aula Gedung DPRD Provinsi Sumbar.

H. Hendri Hasbullah selaku Kabag Bina Bintal, Biro Kesra Pemprov Sumbar menyebut tantangan Indonesia menghadapi bonus demografi bisa diatasi dengan komitmen serius pemerintah provinsi Sumbar untuk membuat perda bagaimana langkah dan strategi menyiapkan generasi emas 2045.

Hal itu menurutnya tidak terlepas dari pentingnya pembinaan akhlak santri diniyah. Senada dengan Waketum DPP FKDT, Hendri Hasbullah juga menyoroti hal serupa. Dekadensi moral, kehancuran demi kehancuran, kerusakan akhlak, narkotika yang sangat mungkin bisa mempengaruhi mereka, Hal itu membutuhkan sentuhan pendidikan agama.

Itulah mengapa inisiatif masyarakat menjadikan MDT sebagai lembaga dari swadaya harus mampu menjawab dan didukung pemerintah.

Ia menilai dengan terbitlah regulasi terkait Madrasah Diniyah, membuktikan perhatian pemerintah hari ini sudah kian meningkat. Dengan catatan tentu tetap harus ada peningkatan apresiasi dan dukungan dari pemerintah secara berkelanjutan.

Afirmasi kebijakan pemerintah pusat dan program Pemda diharapkan agar keyakinan masyarakat  semakin meningkat  bahwa pemerintah daerah hadir untuk memfasilitasi penyelenggaraan MDT.

“Komitmen bersama sangat dibutuhkan dalam mendidik anak bangsa agar melek bekajar Al-Quran, menguasai dasar-dasar agama dan sekaligus mendidik moral dan akhlak siswa,” ungkapnya dihadapan Waketum DPP FKDT, Kakanwil dan dewan pembina FKDT.

Ia menilai keikhlasan dan kesungguhan dalam bekerja sangat menentukan hasil dan tujuan dalam sebuah proses pendidikan. 

Hendri Hasbullah mencontohkan dalam sebuah ayat bahwa perintah Allah dalam Al-Qur’an. "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

“Dengan kata lain, dengan bekerja dan beramal sesuai dengan perintahNya, maka ada Gubernur, ada para penguasa, para pengusaha atau orang dermawan lainnya melihat amal kita. Ketika mereka melihat amal itu, maka mereka pun memberikan dukungan yang nyata untuk itu,” ungkapnya.

Dihadapan Pengurus DPW FKDT, Hendri Hasbullah mengharapkan agar pengurus aktif untuk membangun kerjasama sinergi dengan kalangan legislatif (DPR RI dan DPRD). Termasuk  juga para pengusaha untuk bersama-sama mengembangkan MDT. 

"Tanpa kerjasama dengan semua pihak yang mempunyai komitmen pada MDT, perjalanan lembaga ini akan terasa berat, karena itu kerjasama menjadi mutlak diperlukan," tandasnya.

Semoga seluruh pihak terkait bisa bersinergi demi satu tujuan generasi kedepan perlu perhatian dan diselamatkan. 

“Jika tidak ikut sepenuhnya, kalau tidak penuh keatas, bisa penuh kebawah. Kalau tidak sepenuh badan, sekaki saja bisa dengan sinergi dan kolaborasi. Atas nama Gubernur Sumbar kami ucapkan selamat dan sukses pengurus DPW FKDT Sumbar, semoga bisa menjalankan amanah dengan maksimal, dan Allah berikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugasnya,” tutup Hendri Hasbullah.(vera)


 


Editor: -
Fotografer: -