Wakili Kakanwil Hadiri Wisuda Angkatan dan Tahfizh MAS PIAR, Yohanis Sebut Tiga Peran Penting Ponpes

Padang (Humas)- Pondok pesantren memiliki tiga peran penting,  yakni dalam bidang pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Demikian penuturan Ketua Tim Pondok Pesantren dan Ma’had Aly Yohanis saat mewakili Kakanwil menghadiri acara Wisuda Tahfizh dan Wisuda Angkatan Kelas XII MAS Perguruan Ar Risalah yang berpusat di GOR Perguruan Ar Risalah, Sabtu (27/04/24).

Yohannes mengatakan PIAR merupakan salah satu dari 286 pondok pesantren yang ada di Sumbar. Menurutnya, pondok pesantren Ar Risalah telah membuktikan keberadaannya dalam tiga peran penting tersebut.

"Dan, Perguruan Islam Ar risalah telah melaksanakan tiga peran tersebut. Pada fungsi keagamaan, misalnya. Ar Risalah berperan mendidik anak kita menjadi tagaqquh fiddin," ujarnya pada kegiatan yang dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi tersebut.

Yohanis menyampaikan apresiasinya atas insiasi terlaksananya gelaran kegiatan Wisuda Angkatan dan Wisuda tahfizh. 

“Semoga dapat memotivasi anak kita untuk menyelesaikan pendidikan, dan memacu semangatnya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jangan puas sampai di sini saja," imbuhnya dihadapan ratusan wisudawan/ti.

Sementara, Ketua Masyuro Ar Risalah, Ustaz Irsyad menyampaikan wisuda angkatan dan wisuda tahfiz ini merupakan salah satu program unggulan di PIAR. "Wisuda ini merupakan sarana bagi kita untuk mengokohkan diri agar terus menjadi pribadi lebih baik," ujarnya. 

Ia mengingatkan siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan oleh perguruan. 

"Mari kita selalu tingkatkan keimanan kita. Kami sudah memberikan pondasi hidayah kepada ananda semua. Tolong jaga hidayah ini. Jaga ibadah setelah tamat nanti," ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung di GOR PIAR, Kota Padang, Sabtu-Minggu (27-28/4/2024) merupakan wisuda angkatan MAS PIAR yang diikuti oleh 209 siswa Kelas XII. Dimana prosesi wisuda dilaksanakan secara terpisah. Untuk siswa pada hari ini Sabtu (27/4/2024), sedangkan untuk siswi pada hari Minggu (28/4/2024) besok. 

Kegiatan ini dihadiri Ketua Masyura Ar Risalah Ustaz H. Irsyad Syafar, Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah (YWAR) Ustaz H. Arwim Al Ibrahimy, Lc, Ketua Pendidikan Tinggi YWAR Ustaz H. Mulyadi Muslim, para guru dan karyawan YWAR, dan tamu lainnya. (vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR