Wamen Minta Petugas Haji Lakukan Persiapan dan Langkah Antisipasi

Jakarta, Humas--Sebanyak 890 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), Selasa (19/3) di Asrama Haji Pondok Gede.

Bimtek dibuka Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki didampingi Dirjen PHU, Hilman Latif, Selasa malam (19/3). Hadir seluruh Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama.

Dikatakan Wamen, program di Kementerian Agama itu banyak, tetapi yang paling dilihat adalah bagaimana kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

"Sebaik apapun Kemenag, akan hilang nilainya ketika penyelenggaraan ibadah haji ini carut marut. Bagaimana kesuksesan dan kenyamanan tamu Allah akan ini sangat menentukan," ungkap Wamen.

Untuk itu lanjut Wamen, kami menaruh harapan besar kepada seluruh petugas haji agar bisa menyukseskan penyelenggaran ibadah haji tahun ini dan memberikan pelayanan kepada jemaah. 

"Mudah-mudahan pelayanan kepada jemaah haji ini akan memberikan penilaian terbaik pelayanan haji di tahun-tahun mendatang," harap Wamen.

Saiful Rahmat juga menyebutkan ditengah berbagai tantangan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, beberapa hal yang kemarin menjadi catatan, titik krusial tahun lalu tidak terjadi lagi tahun ini. 

"Menghadapi musim haji tahun ini saya minta petugas haji melakukan persiapan dan menyusun langkah antisipasi dari berbagai aspek, baik di tanah air maupun di Arab Saudi," kata Wamen mengingatkan.

Apalagi tahun ini, imbuh Menag sesuai arahan presiden penyelenggaraan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji harus meningkatkan layanan lansia. Tahun iiniada 45 ribu jemaah lansia yang mengikuti ibadah haji.

Terakhir Wamen juga meminta perugas menjaga nama baik dan marwah bangsa. Sebelumnya, seluruh petugas sudah mengikuti pretest berbasis android melalui aplikasi petugas haji. Rinarisna


Editor: Risna
Fotografer: MCH2024