Workshop Peningkatan Mutu Guru Melalui BKBA, Kakankemenag Solok Sampaikan Ini

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM didampingi Kepala MTs PP. DR. M. Natsir Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Ummi Salamah Tanjung, S.Pd buka pelaksanaan Workshop Peningkatan Mutu Guru Melalui BKBA di Vila Kayu Putih Nagari Alahan Panjang. Rabu,(17/01).

Peserta dalam kegiatan ini adalah para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada MTs PP. DR. M. Natsir Alahan Panjang sebanyak 30 orang yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 17 s.d 18 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Kakankemenag menyampaikan Guru harus senantiasa mengasah kemampuan dalam mengelola pelajaran dikelas dan menciptakan situasi yang menyenangkan untuk mendukung perkembangan peserta didik secara maksimal.

“Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas. Karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas, serta berperan sebagai model bagi peserta didik," imbuhnya.

Selain itu, Kakankemenag juga mengatakan 4 kunci agar lembaga pendidikan bagus  yaitu, “Segala sesuatu yang dilakukan harus diatas fondasi ikhlas, Kita harus cerdas memahami regulasi, Bekerja tuntas, Melakukan sinergi dan kolaborasi dan Peningkatan kualitas secara kontinu,” paparnya.

Dalam kegiatan ini, H. Zulkifli berharap agar semua peserta bisa menyerap apa yang diberikan oleh narasumber, sehingga bisa diterapkan di Madrasah tersebut.

Kakankemenag juga menekankan “bahwa bimtek ini adalah kesempatan berharga bagi seluruh peserta untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam bantuan kinerja dan afirmasi, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pencapaian tujuan organisasi dan kepuasan publik,”tutupnya.

BKBA (Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi) adalah Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi dengan rincian bantuan kinerja tujuannya untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja madrasah dalam membangun iklim yang kondusif untuk meningkatkan kompetensi kualitas madrasah. Sedangkan bantuan afirmasi tujuannya untuk memberikan bantuan bagi madrasah yang membutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah.

Sementara itu, Kepala MTs PP. DR. M. Natsir Alahan Panjang, Ummi Salamah Tanjung, S.Pd berharap “Dengan adanya bimbingan teknis ini dapat membuat sistem pembelajaran dapat meningkat serta tidak ketinggalan dalam ilmu pengetahuan dan ilmu tekhnologi seperti yang tertuang dalam visi dan misi MTs PP. DR. M. Natsir Alahan Panjang,”Jelasnya.

Workshop ini melibatkan narasumber yang ahli di bidang pendidikan agama dan manajemen madrasah. Mereka adalah Zulfadhli, S.Si, M.Si, Tarmizi, S.Pd.I, MM, CHt, CI, CT dan H. Zulkifli, S.Ag, MM.

Materi-materi yang akan dihadirkan mencakup strategi pengelolaan dana bantuan, pengembangan kurikulum agama yang relevan, serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan madrasah. N.DY


Editor: -
Fotografer: -