Wujudkan Tata Kelola Administrasi Akurat dan Akuntabel, Kemenag Solok Gelar Rapat Koordinasi Kepegawaian

Koto Baru, Humas – Melalui Kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian Kita Wujudkan Tata Kelola Administrasi dan Sistim Manajemen yang Akurat dan Akuntabel tema yang diusung dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Tahun 2024 yang dilaksanakan di aula kantor setempat. Kamis (03/10).

Dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Fuadi Nawawi dan Para Kasi dan Penyelenggara yang diikuti 50 orang peserta dari perwakilan Madrasah Negeri dan KUA Se-Kabupaten Solok serta perwakilan dari Seksi Kantor Kemenag.

Dalam sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli menyampaikan harapan agar apa yang dilakukan ini senantiasa diridhai Allah SWT sebagai ibadah. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam rangka pembinaan SDM di Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

"Saya mengapresiasi panitia yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Kementerian Agama senantiasa melakukan perbaikan layanan dalam tiga aspek: pembenahan SDM, perbaikan standar operasional, serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung. Tiga hal ini menjadi fokus utama untuk melakukan perbaikan, dan kita terus mendorong SDM menjadi lebih baik," ujar H. Zulkifli.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-10-03 at 16.18.13.jpeg

Dalam penjelasannya, Kakankemenag menekankan bahwa jumlah pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Solok mencapai 635 orang. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa setiap kegiatan yang diselenggarakan benar-benar dimanfaatkan untuk peningkatan layanan. H. Zulkifli juga menekankan pentingnya mendesain program-program SDM yang dapat meningkatkan kompetensi pegawai.

Saya berharap kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan dalam rangka peningkatan layanan kita, meningkatkan kedisiplinan serta bagaimana mendesain program SDM yang dapat dilakukan untuk peningkatan kompetensi pegawai di Kantor Kemenag Kabupaten Solok," tambahnya.

Lebih lanjut, Kakankemenag mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini untuk melahirkan satu komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalisme.

Kegiatan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk melahirkan satu komitmen bersama. Pertemuan ini tidak boleh sia-sia, tetapi harus menjadi berkah dengan meningkatnya kualitas pegawai yang ada," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Fuadi Nawawi menjelaskan tentang Core Values ASN BerAKHLAK yaitu nilai-nilai dasar yang berlaku bagi ASN di seluruh Indonesia, termasuk di Kementerian Agama. Nilai-nilai tersebut adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Core Values ASN BerAKHLAK menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama harus menjaga sikap, ucapan, dan tingkah laku baik di lingkungan rumah, kantor, maupun masyarakat,” jelasnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-10-03 at 16.18.13 (1).jpeg

Adapun narasumber pada rapat koordinasi ini, Oktalinda, S.Pd (Analis Pengembangan Sumber Daya Manusia) menjelaskan tentang Perencanaan ASN, Anjab ABK, Bezeting, Dokumen Peta Jabatan, Izin Belajar, UPKP/Ujian Dinas, Yudiana Rozalia, S.Sos (Analis Karier) menjelaskan tentang Kenaikan Pangkat, Cuti dan Pensiun, sedangkan Rina Elvira, S.Pd (Analis Kinerja) menjelaskan tentang E-Kinerja dan Absensi dan terkahir Vera Amelia, S.Sos (Analis Kompetensi) menjelaskan tentang Data Simpeg, KGB Online dan Kompetensi ASN.

Acara ini diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta dan diharapkan mampu membawa dampak positif dalam peningkatan layanan dan kualitas SDM di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Solok. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri