Kankemenag Kota Payakumbuh Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Kankemenag Kota Payakumbuh Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Payakumbuh,Humas--Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar pembinaan terhadap Penyuluh Agama Islam se Kota Payakumbuh,Kamis (17/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kankemenag Kota Payakumbuh ini diikuti oleh 51 orang penyuluh agama islam yang terdiri dari 11 orang penyuluh  PNS dan 40 orang penyuluh agama islam honorer.Hadir dalam memberikan pembinaan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kasi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan HBI Bidang Penais Zawa H. Efi Yoskar.

Dalam pembinaannya H. Efi Yoskar berharap kepada penyuluh jangan hanya menuntut hak tetapi juga harus melakukan kewajiban dan introspeksi diri.

“Mengingat perhatian pemerintah kepada penyuluh agama Islam sudah cukup baik,maka diharapkan kepada seluruh penyuluh agama untuk selalu melaksanakan tugas kepenyuluhannya dengan sebaik- baiknya,kita jangan hanya menuntut hak tetapi kita juga harus melaksanakan kewajiban kita sebagai penyuluh agama,introspeksi diri dengan apa yang telah kita berikan untuk kemaslahatan umat,”terangnya.

Lebih lanjut H. Efi Yoskar menyampaikan bahwa  tugas penyuluh adalah pekerjaan yang mulia disisi Allah SWT,karena membawa keselamatan bagi umat mulai dari ayunan sampai kelobang lahat,maka keberadaan penyuluh ditengah umat harus dapat dirasakan,jangan keberadaan kita ada seperti tidak ada.Untuk itu diharapkan kepada seluruh penyuluh agama hendaknya bisa menjadi contoh dan tauladan ditengah-tengah umat,tidak hanya dengan kata-kata dakwah tetapi juga dengan tindakan dan perbuatan.Jangan lupa untuk selalu menambah ilmu,wawasan dan pengetahuan serta berinovasi dalam memberikan penyuluhan,ujar H. Efi Yoskar.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh yang diwakili Kasi Bimas Islam H. Hamdan dalam sambutanya menyampaikan terima kasih atas pembinaan yang diberikan Kakanwil,semoga dengan pembinaan ini para penyuluh agama islam Kota Payakumbuh dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,sesuai dengan aturan yang ada,harap H. Hamdan.(Algeri).