Kankemenag Pessel Terima Kunjungan Kankemenag Padang Pariaman

Kankemenag Pessel Terima Kunjungan Kankemenag Padang Pariaman

Painan, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Abrar Munanda didampingi Kasubbag TU dan Kasi menerima kedatangan rombongan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Jum'at (11/6) di ruang kerja Kankemenag Pessel.

Rombongan Tim Reformasi Birokrasi Zona Integritas Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 7 orang, dipimpin langsung oleh Kepala kantor, H. Helmi. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Abrar Munanda dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman yang telah memilih Kankemenag Pessel untuk sharing session dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

"Selamat datang di Pesisir Selatan, negeri sejuta pesona, dan terima kasih telah berkunjung dan bersilaturahmi ke Pesisir Selatan. Salah satu nikmat yang paling indah itu adalah nikmat bisa bersilaturahmi," ungkap Abrar.

Abrar Munanda menjelaskan terkait enam area pembangunan ZI yang telah dilaksanakan oleh Kankemenag Pessel, diantaranya adalah manajemen perubahan.

"Pada area manajemen perubahan, kita menerapkan sebuah strategi, yaitu pimpinan harus aktif menjadi Role Model, ini akan meningkatkan komitmen, juga akan mempengaruhi budaya kerja, serta dapat meningkatkan disiplin pegawai," jelas Abrar.

Kemudian pada area Penataan Tata Laksana, Kankemenag Pessel membuat SOP setiap layanan yang diberikan, dan SOP tersebut juga harus akan diperbaharui setiap tahunnya.

"Selanjutnya pada area Penataan Sistem Manajemen SDM, dalam area ini Kankemenag Pessel memakai strategi monev perkembangan kinerja, coaching and conseling, serta pengembangan kompetensi, dan pemberian apresiasi kepada setiap pegawai yang berprestasi," lanjutnya.

Pada kesempatan sharing session tersebut, Kakan kemenag juga menerangkan tentang delapan program inovasi yang telah di launching Kankemenag Pessel, mulai dari Simpul Sehati, Jendela hati, KUA Sehat, Mis D Lima, Gentaqu, Gutamatren, Dua Kaki Debe, dan Datuk Pessel.

"Untuk mewujudkan ZI menuju WBK dan WBBM mari kita saling berbagi dan menguatkan antar masing-masing satker. Tidak ada persaingan dalam hal ini, dan semoga kementerian agama semakin sukses kedepannya," ucap Kakan kemenag Pessel mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Kakan kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Helmi dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih sudah diterima dengan baik, walaupun konfirmasi kunjungan yang sangat mendadak.

"Salah satu hal yang ingin didapat dari kunjungan ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, karena kami menilai Kankemenag Pessel sudah cukup matang dalam hal ini," ungkap Helmi.

"Semoga pengetahuan dan wawasan yang kami dapatkan dari studi tiru ini akan kami bawa pulang dan kami tiru penerapannya di Kemenag Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya. (zn)