Madrasah Solok Selatan Siap Songsong Ujian Semester

Madrasah Solok Selatan Siap Songsong Ujian Semester

Padang Aro – Sebuah tradisi di akhir semester, siswa diharuskan mengikuti ujian sebagai syarat kenaikan kelas dan mengukur kompetensi diri. Sehingga, siswa perlu mempersipakan diri dengan banyak membaca dan mengulang pelajaran sebagai amunisi untuk menghadapi soal-soal yang disodorkan ketika ujian semester.

Nyatanya, dalam pelaksanaan bukan hanya siswa yang harus mempersiapkan diri menghadapi ujian semester. Guru juga dituntut untuk mempersiapkan soal yang berbobot guna mengukur dan mengetahui capaian siswa dalam pembelajaran selama ini.

Dalam hal pentingnya pembuatan soal ujian semester bagi madrasah di Kab. Solok Selatan, Kantor Kemenag Kab. Solok Selatan melalui Fasilitator Daerah, Anna Nurdiana memberikan arahan dan cara membuat soal-soal yang baik dan berbobot di Aula Kankemenag Kab. Solok Selatan, kamis (7/4).

“Dalam pembuatan soal, kita harus mengetahui tingkatan-tingkatan kesulitan soal. Ada soal dengan tipe HOTS, MOTS, dan LOTS,” tutur fasilitator daerah, Anna Nurdiana dalam kegiatan Pembinaan Materi dan Pemantapan Menghadapi Ujian Pendidikan Madrasah Tahun 2022.

Menurut Anna Nurdiana, soal harus disesuaikan dengan kondidi peserta didik serta menarik dan faktual. Kemudian soal harus berisi muatan yang mampu merangsang dan menstimulus peserta didik untuk berfikir lebih dalam serta bisa mengaitkan dengan mata pelajaran.

“Mislanya kejadian perang Rusia vs Ukraina. Tantara Rusia menolong warga Ukraina yang sedang berjibaku di Rumah Sakit akibat terkena serangan bom. Dari sini kitab bisa mengaitkan kejadian tersebut dengan materi akidah akhlak,” ucap Anna Nurdiana ditengah sesi penyampaian materi.

Dalam kegiatan tersebut, Anna juga menjelaskan, bahwa soal dibuat sedemikian rupa, menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. Ada soal yang bisa dibuat HOTS dengan memasukkan komponen mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasikan.

Ada juga soal yang hanya bisa dibuat MOTS berupa mengingat, memahami, dan mengaplikasikan. Bahkan, bila tidak memungkinkan dengan soal tipe HOTS dan MOTS, bisa juga menggunakan tipe LOTS yang hanya memasukkan komponen mengingat dan memahami. (Latif)