Tiga Siswa MAN 2 Padang Sukses Melaju ke KSN Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Tiga Siswa MAN 2 Padang Sukses Melaju ke KSN Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Padang, humas -- Tiga siswa MAN 2 Kota Padang berhasil melaju ke ajang Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) Sumatera Barat, setelah melewati persaingan yang cukup ketat di KSN tingkat Kota Padang.

Ketiga siswa itu adalah Hendra Pratama XI IPS 2 cabang geografi, Refia Kirani X IPS 4 cabang ekonomi dan Vikko Adibratha X IPA 9 cabang matematika.

"Alhamdulillah 3 orang siswa MAN 2 Kota Padang maju ke KSN tingkat Provinsi, hal ini berdasarkan pengumuman resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud RI," kata Dewi Suzana yang juga diamini Eva Resmina, Novita Anwar dan Yurdiana pembina KSN MAN 2 Padang, Rabu (22/06/22).

Kepala MAN 2 Kota Padang Drs. H. Akhri Meinhardi, MM menyampaikan rasa gembira atas prestasi yang diraih siswanya yang berhasil maju pada KSN tingkat Provinsi. Dia bersyukur dan bangga punya siswa yang mampu bersaing dengan SMA/MA yang ada di Kota Padang.

"Tetap berusaha dan berikhtiar, kejar terus, kita harus menang pada KSN tingkat Provinsi. Madrasah akan selalu support dan akan memberikan bonus nanti bila menang pada tingkat Provinsi," katanya dihadapan siswa.

Akhri Meinhardi meminta kepada siswa agar jangan hanya terpaku kepada apa yang diajarkan pembina saja, tetapi siswa harus aktif mencari materi-materi pelajaran baik melalui tutor sebaya, internet dan lain sebagainya.

"Ananda harus diskusi banyak dengan teman-teman, hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan. Semakin sering kita memberi ilmu kepada teman-teman, maka ilmu itu semakin lama ada pada kita," sambungnya.

"Jangan sombong, tetap rendah hati, walaupun bertabur prestasi. Siswa bisa hebat, banyak andil dari berbagai pihak, termasuk guru dan pembina," tambah Akhri Meinhardi.

Ia meminta kepada pembina KSN agar terus melaksanakan tugas pembinaan kepada siswa. Dikatakannya, tetap lanjutkan dan jangan pernah lelah untuk memberikan materi, agar kesuksesan pada KSN tingkat Provinsi dapat diperoleh nantinya.

"Guru atau pembina harus memberikan perhatian khusus kepada siswa sesuai potensi yang dimilikinya," tutur Akhri Meinhardi.

Sementara itu, Yuliasman wakil kepala bidang akademik mengatakan akan melakukan kegiatan pembinaan kepada siswa secara intensif dalam rangka menghadapi KSN tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Walaupun dalam masa libur semester, kita akan tetap genjot kerja pembina, termasuk dosen dari perguruan tinggi maupun bimbel, agar melatih siswa yang lulus KSN ini," ujarnya.

Ia berharap melalui usaha sungguh-sungguh yang dilakukan, akan membawa siswa MAN 2 Kota Padang mampu bersaing dengan SMA/MA pada tingkat Provinsi nantinya.

"Dengan bermodal persiapan yang matang serta diiringi usaha dan doa, kita optimis mudah-mudahan siswa kita sampai pada tingkat nasional," ucap Yuliasman. ArulDp rzk