Kepala Kemenag Dedi Wandra Buka Resmi Matsama MAN Sawahlunto

Kepala Kemenag Dedi Wandra Buka Resmi Matsama MAN Sawahlunto
Kepala Kemenag Dedi Wandra Buka Resmi Matsama MAN Sawahlunto

Sawahlunto, Humas- Kepala Kantor kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra membuka secara resmi  MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) Aliyah Negeri Kota Sawahlunto,  Rabu (13/7).

Pembukaan ditandai pengalungan kokarde secara simbolis oleh Kakankemenag Dedi kepada 3 orang perwakilan peserta didik baru yang mengikuti MATSAMA.

Dalam sambutan, Kakankemenag mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang telah mempercayakan anaknya dididik di madrasah.

Ia menghimbau wali murid  turut mengawal anak dengan baik dan mendukung upaya madrasah mewujudkan siswa berprestasi.

Kepada Kepala madrasah beserta jajaran, Kakankemenag berpesan supaya tidak puas dengan prestasi yang ada kendati tahun kemaren diterima 100 persen di perguruan tinggi negeri.

"Targetkan anak-anak kita nanti diterima di Perguruan tinggi ternama seperti di Pulau Jawa," pungkasnya dihadapan ratusan siswa didampingi orangtua mereka masing-masing di halaman MAN Sawahlunto.

Khusus peserta didik baru, Kakankemenag meminta siswa menanamkan keikhlasan dalam menuntut ilmu, mematuhi orangtua dan guru.

Sementara, Kepala MAN Sawahlunto Muhammad Muhammad Yustar mengungkapkan, tahun ini PPDB MAN Sawahlunto meningkat dibanding sebelumnya. "Tahun kemaren jumlah siswa baru kita hanya 90 orang,  sekarang ada 138 orang," tuturnya. 

Lebih lanjut kata Yustar, selain IPA dan IPS, MAN Sawahlunto kini telah membuka jurusan keagamaan.
"Sekarang ini ada tawaran beasiswa gratis kuliah ke Dubai dengan syarat bisa berbahasa Arab, karenanya kami menargetkan tahun ini siswa harus bisa berbahasa Arab," ulasnya.

Salah seorang Wali Murid siswa baru mengungkapkan kebanggaan atas anaknya bisa sekolah di madrasah

Ia mempercayai sepenuhnya kepada pihak madrasah dan berharap anaknya sukses menempuh pendidikan di MAN Sawahlunto terutama masalah akhlak.(fahmi) rzk