Siswa MAN 1 dan MIN Bukittinggi Raih Prestasi Ajang Kossmi Tahun 2023 dan Expo Madrasah se-Indonesia

Siswa MAN 1 dan MIN Bukittinggi Raih Prestasi Ajang Kossmi Tahun 2023 dan Expo Madrasah se-Indonesia
Siswa MAN 1 dan MIN Bukittinggi Raih Prestasi Ajang Kossmi Tahun 2023 dan Expo Madrasah se-Indonesia

Bukittinggi, Humas -- Ajang final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (Kossmi) tahun 2023 Expo Madrasah Keterampilan se-Indonesia telah berakhir. Siswa/i MAN 1 dan MIN Bukittinggi berhasil meraih beberapa penghargaan dan prestasi pada ajang ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi merasa bangga dan mengucapkan selamat atas torehan prestasi yang diraih siswa/i MIN dan MAN 1 Kota Bukittinggi di tingkat Nasional. 

“Selamat dan sukses selalu untuk siswa siswi kita dari MIN dan MAN 1 Bukittinggi yang telah berhasil meraih prestasi pada ajang Kossmi tahun 2023 dan Expo Madrasah Keterampilan se-Indonesia. Delegasi dari MIN dan MAN Kota Bukittinggi luar biasa, dapat mengharumkan nama madrasah baik ditingkat kota/Kabupaten, provinsi bahkan nasional. Semoga berbagai prestasi dapat terus ditorehkan pada ajang lomba lainnya mulai tingkat Kota, Provinsi dan Nasional ” ujarnya.

Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair, Senin (22/05) kepada humas menyampaikan. Setelah melalui beberapa tahapan yang cukup melelahkan, mulai dari tingkat Kota, dilanjutkan tingkat provinsi, akhirnya siswa MAN 1 dan MIN Bukittinggi berhasil masuk final pada ajang Kossmi tahun 2023.

"Alhamdulillah informasi dari pendamping ajang final Kossmi tahun 2023, siswa/i kita dari MAN 1 dan MIN Bukittinggi berhasil meraih beberapa prestasi. Sejumlah prestasi yang berhasil di peroleh siswa Madrasah Kota Bukittinggi ini yaitu IPA Level 1 memperoleh honorable mention atas nama Bagas Aydin Wahyudi siswa MIN Kota Bukittinggi, IPA Level 2 memperoleh mendali perunggu (bronza medal) atas nama Asyifa Salsabila Lathif  siswi MIN Bukittinggi, Robotic Level 1 memperoleh honorable mention atas nama Airin Shesfa Ameena dan Hasan Nugraha siswa/i MIN Kota Bukittinggi, Robotic Level 1 memperoleh mendali perak (Silver Medal) atas nama Muhammad Ammar Mulya dan Luthfi Aqil Afarizi siswa MIN Bukittinggi, Robotic Level 2 memperoleh medali perak (silver Medal) atas nama Muhammad Viqran Antona dan Fadhel Alkiram siswa MIN Kota Bukittinggi dan Matematika Level 4 memperoleh mendali perunggu (Bronze medal) siswi kita dari MAN 1 Bukittinggi atas nama Nadya Putri dari MAN 1 Bukittinggi, "paparnya.

Selanjutnyanya kata Hj. Tri Andriani Djusair, "Sementara itu pada lomba expo antar MAN Plus Keterampilan se-Indonesia yang dilaksanakan di Palembang, MAN 1 Bukittinggi juga berhasil memboyong Sejumlah penghargaan yaitu juara 1 Expo Inovasi Publik, Juara 1 Bes Inovatif, Juara II Bes Design Animasi, Juara II Codding Mission, Juara III Fashion Drafing, Juara III Expo Favorit dan 10 besar terbaik Vidio Profil Madrasah kategori Vidio Inspiratif, "Jelasnya lagi.

Rasa bangga juga diungkapkan Kepala MIN Bukittinggi, Elvi Rahmi dan Kepala MAN 1 Bukittinggi, Irsyad terhadap delegasi KOSSMI Tahun 2023 dan TIM EXPO MAN 1 Kota Bukittinggi yang telah berjuang pada acara Expo Madrasah di Palembang yang telah menunjukkan kerja kerasnya dan meraih hasil terbaiknya

Irsyad Kepala MAN 1 Bukittinggi mengharapkan capaian tersebut dapat memberikan semangat kepada siswa-siswi madrasah Kota Bukittinggi untuk terus dapat mengembangkan diri dan berprestasi sesuai bakat juga minatnya. 

"Alhamdulillah Siswa MAN 1 Kota Bukittinggi, Nadya Putri, berhasil menyabet medali perunggu pada bidang matematika level 4 tingkat SMA/MA kelas 10-12 di ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2023 diadakan di Balai Purnomo Prawiro Universitas Indonesia pada tanggal 19 hingga 21 Mei 2023. Prestasi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras Tim KOSSMI Akademik yang telah berjuang dalam mempersiapkan diri untuk ajang kompetisi tingkat nasional. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan pribadi, tetapi juga menginspirasi siswa-siswi lainnya di MAN 1 Kota Bukittinggi untuk mengejar prestasi dan keunggulan dalam bidang akademik. Semoga prestasinya terus membara di masa depan," tutur Irsyad Kepala MAN 1 Bukittinggi bangga.

Selanjutnya Irsyad juga menyampaikan apresiasi dan bangganya kepada Tim Expo MAN 1 Kota Bukittinggi menunjukkan prestasi yang mengagumkan di acara Expo Madrasah Plus Keterampilan yang diadakan di MAN 3 Palembang. "Selain di ajang Kossmi Tim Expo MAN 1 Bukittinggi berhasil meraih tujuh piala, diantaranya Juara 1  Expo Inovasi Produk, Juara 1 Best Inovatif, Juara 2 Best Design Animasi, Juara 2  Coding Mission, Juara 3 Fashion Draping, Juara 3  Expo Favorit dan 10 besar Video Profil Madrasah Kategori Inspiratif

"Prestasi yang diraih oleh tim Expo MAN 1 Kota Bukittinggi menunjukkan kemampuan dan bakat yang luar biasa. Mereka mampu bersaing dengan peserta lainnya dan mengungguli dalam berbagai bidang kompetisi yang dilombakan. Keberhasilan ini juga merupakan bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, dan ketekunan mereka dalam mempersiapkan dan menghadapi acara tersebut. Terimakasih tim Expo MAN 1 Kota Bukittinggi," tutup kepala Madrasah yang enerjik ini. (Syafrial)