Keunikan Kota Pariaman

Kota Pariaman merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Padang Pariaman yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012. Secara geografis Kota Pariaman terletak di Pantai Barat Pulau Sumatera dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Kota Pariaman pada sisi Utara, Selatan, Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Padang Pariaman dan disebelah Barat berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia.

Posisi astronomis Kota Pariaman yang terletak antara 00 0 33 ̒ 00 ̒ ̒ – 00 0 40‘ 43 ̒ ̒ Bintang Selatan dan 1000 04‘ 46 ̒ ̒– 1000 10‘ 55 ̒ ̒ Bujur Timur, tercatat memiliki luas wilayah sekitar 73,36 Km2, dengan panjang garis pan- tai 12,00 Km. Luas daratan daerah ini setara dengan 0,17 persen dari luas daratan wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Kota Pariaman terdiri dari 4 (empat) Kecamatan, yaitu Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Tengah, Kecamatan Pariaman Selatan dan Kecamatan Pariaman Timur. Kecamatan Pariaman Utara tercatat memiliki wilayah yang paling luas, yakni 23,35 Km2, setelah itu Kecamatan Pariaman Timur dengan luas wilayah 17,51 Km2, kemudian Kecamatan Pari- aman Selatan dengan luas wilayah 16,82 Km2, dan Kecamatan Pariaman Tengah yang memiliki luas terkecil, yakni 16,68 Km2.

Kota Pariaman juga identik dengan Kota yang dikelilingi pantai, rata- rata ketinggian wilayahnya berada pada kisaran 0-15 meter dari permukaan laut. Secara keseluruhan panjang garis pantai yang dimiliki adalah sepanjang 12 Km2, kecuali Kecamatan Pariaman Timur, semua Kecamatan memiliki wilayah yang berbatasan dengan laut. 

Pantai Gandoriah merupakan tempat rekreasi di Kota Pariaman. Tempatnya asri dan rindang  karena di kelilingi oleh pohon-pohon yang menyejukan suasana  di sekitar  panta, di ditambah lagi berdirinya sebuah Hotel  yang bernama Hotel Nan Tongga. Selain itu pantai Kata juga merupakan tempat rekreasi di Kota Pariaman.

Kota Pariaman juga terkenal dengan kerajinan tangan bordiran yang tempat nya berada di Naras Kecamatan Pariaman Utara.

Sejak kepimimpian Muhklis Rahman Kota Pariaman sudah banyak mendapat penghargaan diantaranya penghargaan sebagai Kota layak anak, Kota lingkungan hidup, Kota sakinah, pin emas dari menteri agama sebagai wujud suksesnya Gemmar mengaji, wahana tata nugraha, adipura.