Waka Humas : Generasi Muda Adalah Generasi Penerus Estafet Bangsa

Waka Humas : Generasi Muda Adalah Generasi Penerus Estafet Bangsa

Painan, Inmas -- Setiap hari Senin, MTsN 2 Pesisir Selatan melaksanakan upacara bendera sebagaimana biasanya. Namun upacara bendera hari ini sekaligus untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 91. 

Upacara pada hari ini dihadiri oleh majelis guru, dan pegawai Tata Usaha, serta seluruh peserta didik MTsN 2 Pesisir Selatan. Upacara berlangsung khidmat walaupun cuaca cukup mendung, Senin (28/10).

Bertindak sebagai pembina upacara, Akhiyen Nuardi Wakil Kepala Bidang Humas, dalam amanatnya, mengutip pidato Soekarno, Presiden RI yang pertama. “Berikan kepadaku seratus orang tua, maka akan aku runtuh gunung ini, berikan kepadaku sepuluh orang pemuda maka akan aku guncangkan dunia”, ujarnya.

Pernyataan ini merupakan bahasa sindiran kepada pemuda, karena pemuda haruslah menjadi garda terdepan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Pemuda Indonesia adalah generasi penggerak masa depan bangsa.

Ada makna filosofi dalam tiga ikrar sumpah pemuda, yakni tidak ada perbedaan dalam keberagaman, kita berada pada latar belakang yg berbeda. Tetapi kita disatukan oleh satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia.

"Generasi muda adalah generasi penerus estafet bangsa, generasi muda adalah generasi yang mampu mengatakan, inilah saya, bukan mengatakan inilah orang tua saya beserta harta yang dimiliki", tegas Akhiyen.

Diakhir amanatnya ia berpesan kepada peserta didik agar lebih mempersiapkan diri guna menghadapi masa depan yang akan semakin banyak tantangannya. Orang-orang yang tidak mampu menghadapi tantangan akan mati sebelum berkembang.(FQ/zon)|Mira