Dedi Wandra Ajak Masyarakat Pasaman Bijak Menyikapi Musibah

Dedi Wandra Ajak Masyarakat Pasaman Bijak Menyikapi Musibah
Dedi Wandra Ajak Masyarakat Pasaman Bijak Menyikapi Musibah

Pasaman,inmas—Pelaksanaan shalat idul adha tahun ini berlangsung khidmat dihadiri sekitar lima ratusan jemaah berlangsung di Masjid Agung Al Muttaqin Lubuk Sikaping kemarin (31/7).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Asrul didampingi Kasi Bimas Islam Hasyyunil mengatakan, disebabkan hujan pelaksanaan shalat ied dipindahkan dari lokasi sebelumnya di halaman kantor Bupati Pasaman.

Asrul menyampaikan, dalam pelaksanaan telah mengikuti protokol kesehatan mengantisipasi dari covid-19. Sebelum memasuki area masjid dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan menggunakan masker yang juga telah disediakan oleh panitia untuk jemaah apabila ada yang tidak membawa.

“Sesuai arahan Menteri Agama RI, kita lakukan dengan memperhatikan protokol”,ujar Asrul.

Ditambahkan Hasyyunil, tidak dimungkinkannya pelaksanaan shalat ied di lapangan, masjid-masjid di wilayah Lubuk Sikaping dibuka dan telah ditunjuk beberapa ustadz sebagai imam dan khatib oleh pemerintah daerah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Dedi Wandra yang bertindak selaku khatib ied mengajak ummat di Pasaman untuk bisa bijak menyikapi musibah apalagi saat ini masih dalam suasana mewabahnya virus korona.

Pesannya, menyikapi masalah ini sebagai seorang muslim kembali kepada ajaran Islam secara kaffah. Yakin bahwa musibah apa pun seperti gempa bumi, banjir, wabah penyakit sudah ditetapkan Allah SWT dalam Lauhul Mahfuzh. Harus wajib menerima ketentuan Allah ini dengan lapang dada (ridho).

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (LauhulMahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” Mengutip surat Al Hadid ayat ke 22.

Dedi Wandra mengatakan ada empat kelompok manusia dalam menyikapi musibah pertama adalah kelompok yang lemah. Kedua orang yang bersabar, ketiga orang yang ridho dan keempat kelompok orang yang bersyukur.

Sebelumnya, Bupati Pasaman Yusuf Lubis menghimbau masyarakat Pasaman untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan untuk menghindari dari virus yang telah banyak menyerang warga nusantara hingga saat ini.

Yang bertindak sebagai imam shalat tahun ini adalah Kepala KUA Kecamatan Lubuk Sikaping Muksinin.(abie78)|Mira