Tim Kanwil, Kunjungi KUA Lembah Melintang

Tim Kanwil, Kunjungi KUA Lembah Melintang

Pasaman Barat, Humas – Usai mengikuti rapat teknis pelaksanaan pembangunan balai nikah dan sarana manasik haji, KUA Kecamatan Sungai Beremas. Selasa (29/9) siang, Kasi Bina Lembaga Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Yosef Chairul dengan rombongan kunjungi KUA Lembah Melintang.

Kehadiran Yosef Chairul dengan rombongan di KUA Kecamatan Lembah Melintang, diterima Kepala KUA setempat, Ahmad Siddiq bersama jajaran di kantor itu, Ujung Gading. Selain silaturrahmi antar kedua pihak. Pada kesempatan itu, dilaksanaan diskusi sekaitan tugas serta kegiatan pihak KUA, dalam suasana pendemi Covid-19.

Kepala KUA, Ahmad Siddiq, menjelaskan, sebagai wilayah berpenduduk terpadat ketiga di Pasaman Barat, yaitu Kecamatan Kinali, Pasaman, dengan Lembah Melintang, kondisi bangunan (KUA) sudah tua. Urusan administerasi bersama pelayanan kepada masyarakat berjalan maksimal, sesuai aturan yang ada dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut sejarahnya, ulas kepala KUA, keberadaan kantor KUA berikut bangunan dan mobiler, tergolog bangunan tua. Jauh hari, sebelum pemekaran kabupaten, kantor kementerian agama tngkat kecamatan ini merupakan, satu dari empat kecamatan di Pasaman Barat, atau satu dari delapan KUA se Kabupaten Pasaman (dimasa lalu).

Empat kecamatan itu, ulas Ahmad Siddiq adalah, KUA Kecamatan Sungai Beremas di Air Bangis, dan Alhamdulillah tahun anggaran 2020 ini gedung kantornya dibangunan, mellaui proyek SBSN (Sertifikat Berharga Sosial Negara), Dua. KUA Pasaman di kawasan ibukota, Simpamg Empat, Tiga. KUA Talamau di Talu, dan Empat KUA Lembah Melintang sendiri.

Kasi Bina Lembaga Sarana Prasarana dan Sistem Informasi KUA, Bidang Urusan Agama Islam dan Binsyar,  Kanwil, Yusuf Chairul, menyampaikan, setiap tahun anggraan, pihaknya berharap ada pengalokasian anggaran, pembangunan gedung balai nikah dan sarana manasik haji, seperti proyek SBSN di Sumatera Barat, termasuk Pasaman Barat.

Untuk itu, tambah Yosef, dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk jajaran KUA se Pasaman Barat, selalu mendukung selanjutnya terus mendoakan, agar pemerintah pusat, melalui Kementerian Agama RI, mengabulkan permohonan setiap KUA bersama segenap aparatur pemerintah kecamatan di wilayah masing-masing. Zar/vn