Pengawas Madrasah Berikan Pembinaan Pembelajaran Daring di MTsN 1 Kota Padang

Pengawas Madrasah Berikan Pembinaan Pembelajaran Daring di MTsN 1 Kota Padang

Padang, Humas -- Memasuki bulan kesembilan pembelajaran daring karena pandemi Covid 19 makin menuntut kepiawaian seorang guru dalam menyiapkan bahan ajar dan strategi dalam menyajikan pembelajaran.

Menyikapi hal tersebut pengawas manajerial MTsN 1 Kota Padang M. Nur memberikan pembinaan kepada guru-guru tentang strategi menciptakan pembelajaran abad 21 dan pembelajaran yang hots, Senin (12/10).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 12/10/20 diruangan kantor kepala madrasah. Hadir pada kegiatan tersebut empat orang wakil kepala madrasah yaitu Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri dan Dafril Tuanku Bandaro.

Dari unsur majelis guru diwakili oleh Asmara Wirda, Heriyanti, Rita Novalinda bidang studi Bahasa Inggris, Firmayati, Andre Leo bidang studi Matematika, Kasfiyentri bidang studi Bahasa Indonesia, Ausah, Alfitria, dan Yaharmansyah bidang studi IPA.

M. Nur dalam pembinaannya menyampaikan bahwa pembelajaran daring ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 sangat menuntut kepintaran dan kepiawaian seorang guru.

Guru harus berinovasi tanpa henti, mencoba berbagai macam strategi, mengujikan berbagai metode pembelajaran mematangkan pembelajaran abad 21 dengan menyajikan pembelajaran yang hots di mengujikan soal-soal yang juga hots.

Karena tidak ada artinya pembelajaran hots ketika soalnya tidak hots begitu juga sebaliknya, hendaknya guru harus memakai C 4 keatas, jangan hanya bermain diantara C.1-C-3, bagaimana supaya siswa mampu mengalisis tidak lagi hanya membaca, menyebutkan, dan menjelaskan.

Disamping pembinaan M.Nur juga membuka diskusi terbuka tentang dinimika dan problematika pembelajaran daring ditengah pandemi Covid 19 mulai dari mengurai masalah-masalah yang dihadapi oleh guru, siswa, dan guru.

Secara kasad mata tidak dapat dipungkiri bahwa masalah yang dihadapi sudah kompleksitas, namun dari sekian banyak masalah masih ada yang bisa diatasi dan minimal bisa diminimalisir sesuai kemampuan yang dimiliki.

Terakhir M. Nur menekankan jangan kita sampai meninggalkan generasi millenial yang lemah, kaku, tertinggal, dan tidak mampu menghadapi derasnya arus perunahan.

Kepala MTsN 1 Kota Padang yang diwakili oleh Idra Putri menyampaikan ucapan terima kasih kepada M. Nur yang telah memberikan pembinaan dan memberikan informasi terkini tentang pendidikan dalam menghdapi pembelajaram daring.

Idra Putri menjelaskan sejauh ini guru-guru MTsN 1 Kota Padang telah banyak yang melakukan pembaharuan, inovasi, dan menemukan strategi jitu untuk menyajikan pelajaran daring yang menyenangkan. Dan dengan adanya pembinaan ini hendaknya semakin memberikan spirit dan semangat baru kepada guru. (Dafril/rzk)vn