H. Ramza Husmen : Pahlawanku Sepanjang Masa, Kita teruskan perjuangan

H. Ramza Husmen : Pahlawanku Sepanjang Masa, Kita teruskan perjuangan

Payakumbuh, Humas--Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2020 berbeda dengan tahun lalu, sebab momen bersejarah tahun ini diperingati saat pandemi Covid-19. Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November. Pada peringatan tahun ini, selaras dengan imbauan Kemenag, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh juga menggaungkan agar pemuka agama untuk menyampaikan khutbah dan ceramah dengan tema kepahlawanan. 

“Sambut Hari Pahlawan 2020, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh mengimbau pemuka agama untuk menyampaikan khutbah atau ceramah agama dengan tema yang bernafaskan kepahlawanan  sampai 12 November nantinya, di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Selasa  (10/11).

Lebih dalam H. Ramza Husmen menghimbau agar Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa karena itulah sesuai dengan Thema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “PAHLAWANKU SEPANJANG MASA". Apa yang telah dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan.

"Kalau dulu para berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda bumi.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, Peringatan Hari Pahlawan 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Dan tidak terlepas dari peraturan protokoler kesehatan Covid-19.

Lebih lanjut H. Ramza Husmnen juga menyampaikan jika setiap insan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa.

Melalui Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, "diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan," himbaunya.

Dalam kesempatan terpisah H. Mustafa Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh juga menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Pahlawan 2020 diharapkan dapat memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. Dan seluruh umat ber Agama bersatu dan bahu membahu dalam membangun bangsa dan NKRI yang kita cintai ini.

"Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2020 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar." Widya77|DW