Paramuka MTsN 1 Kota Payakumbuh Raih Gudep Tergiat 1 Periode 2015/2020

Paramuka MTsN 1 Kota Payakumbuh Raih Gudep Tergiat 1 Periode 2015/2020
Paramuka MTsN 1 Kota Payakumbuh Raih Gudep Tergiat 1 Periode 2015/2020

Payakumbuh, Humas--Dalam rangka memotivasi gugus depan untuk meningkatkan mutu Gerakan Pramuka maka kwartir cabang 0314 gerakan pramuka Kota Payakumbuh Masa Bhakti 2015 – 2020 melakukan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan masing-masing gugus depan mulai dari tingkat pramuka siaga, penggalang, dan penegak. Serangkaian persiapan dilakukan gudep masing-masing sekolah/ madrasah untuk mengikuti ajang bergengsi yang dilaksanakan kwartir cabang Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh yang dikenal dengan penilaian gudep tergiat. Mulai dari tertib administrasi, dokumentasi sampai mempersiapkan sanggar dengan segala atributnya.

Penilaian dimulai dengan mengumpulkan berkas administrasi yang diantarkan langsung ke Kwarcab Kota Payakumbuh pada Rabu, 13 Januari 2021, kemudian tim penilai yang terdiri dari 6 orang pengurus kwarcab kota Payakumbuh yang diketuai Iwan sebagai sekretaris Kwarcab Kota Payakumbuh, turun langsung kelapangan untuk mencek ulang kesesuaian laporan dengan bukti fisik yang ada di lapangan pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Kriteria penilaian yang ditetapkan Kwarcab Kota Payakumbuh terbagi dua yaitu penilaian bidang organisasi, yang  meliputi kompetensi pembina, tertib administrasi, rapat kerja, musyawarah gugus, usaha gugus depan, sarana dan prasarana serta penilaian bidang kegiatan yang meliputi prestasi, pencapaian kompetensi SKU dan SKK, kegiatan gugus depan, dan kegiatan partisipasi. Berdasarkan hasil penilaian MTsN 1 Kota Payakumbuh dinobatkan sebagai gudep tergiat 1 pramuka penggalang dengan jumlah nilai 6164. Sementara gudep tergiat 2 diraih oleh SMP 1 Payakumbuh dengan jumlah nilai 2138 dan gudep tergiat 3 diperoleh oleh SMP 4 Payakumbuh dengan jumlah nilai 1648.

Pengumuman gudep tergiat ini disampaikan langsung pada acara Musyawarah Cabang VII tahun 2020 yang dilaksanakan hari ini, Jumat 29 Januari 2021, bertempat di Lantai III Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh. Acara yang dihadiri oleh Walikota Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kemenag, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga, Kamabigus beserta ketua gugus depan ini membahas tentang rapat pemilihan ketua kwarcab dan tim formatur Kwartir Cabang Kota payakumbuh periode 2020 - 2025.

Acara dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda. Dalam sambutannya, Rida Ananda menyampaikan agar gerakan pramuka dapat mendorong generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi, gerakan pramuka diharapkan dapat membuat terobosan-terobosan baru sehingga bisa mencetak generasi muda yang tangguh, disiplin, dan memiliki kepedulian yang tinggi serta tidak terjebak dengan pergaulan bebas dan mampu menggunakan media sosial secara bijak apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Dalam sambutannya Amriul sebagai Ketua Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh periode sebelumnya menyatakan pengkaderan dan pembinaan kepemimpinan dalam suatu organisasi itu perlu, amriul juga berpesan siapapun yang terpilih sebagai pengurus agar selalu menjaga kekompakan dan berpegang teguh pada azas pramuka. 

"Hari ini harus lebih baik dari hari kemaren dan hari esok harus lebih baik dari hari ini," ujarnya.

Piagam dan umbul-umbul gudep tergiat 1 diterima oleh Mabigus, Eka Putra sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTsN 1 Kota Payakumbuh mewakili Kamabigus  yang berhalangan hadir karena harus menghadiri acara di Padang pada waktu yang bersamaan.

Kamabigus, Ermita sewaktu dihubungi via telepon menyatakan sangat senang dan bangga dengan prestasi yang diraih oleh MTsN 1 Kota Payakumbuh dan berpesan kepada pembina dan seluruh majelis guru agar selalu menjaga kekompakan, kepedulian, bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk meraih prestasi dan kemenangan bersama. Tidak lupa Ermita juga mengucapkan terimakasih pada seluruh guru MTsN 1 Kota Payakumbuh yang telah berusaha, berjuang dan memotivasi peserta didik untuk selalu mengukir prestasi baik di tingkat kota, provinsi maupun nasional dan semoga MTsN 1 Kota Payakumbuh selalu terdepan dalam prestasi. (Novi)