Kakan Kemenag Buka Kegiatan Seleksi Calon Pramubakti KUA se Padang Pariaman

Kakan Kemenag Buka Kegiatan Seleksi Calon Pramubakti KUA se Padang Pariaman
Kakan Kemenag Buka Kegiatan Seleksi Calon Pramubakti KUA se Padang Pariaman

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag, didampingi Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal, S.Ag, Kasi BIMAS Islam, Adri Ahmad, SHI, MA dan Kasi PHU Irsyad, S.Ag, membuka secara resmi kegiatan seleksi Calon Pramubakti KUA Kecamatan se Kabupaten Padang Pariaman di ruangan FKUB Kantor Kemenag Padang Pariaman, Kamis (18/2).

Padang Pariaman, Humas -- Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman melalui Seksi BIMAS Islam, gelar kegiatan seleksi Calon Pramubakti yang akan ditempatkan di KUA Kecamatan se Kabupaten Padang Pariaman di ruangan FKUB Kantor Kemenag Padang Pariaman, Kamis (18/2).

Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, S.Ag dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian seleksi setelah dilangsungkannya seleksi administrasi. Kegiatan ini bertujuan untuk tertib administrasi kepegawaian di lingkungan  Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, khususnya di KUA Kecamatan.

"Dapat dilaporkan, hari ini peserta berjumlah 44 orang yang akan mengikuti seleksi ujian tertulis dan langsung dilanjutkan dengan wawancara. Berdasarkan hasil seleksi nantinya, akan terpilih 34 orang untuk ditempatkan di 17 KUA se Kabupaten Padang Pariaman dengan masing-masing KUA mendapatkan 2 orang tenaga Pramubakti," kata Kasubag.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag, didampingi Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal, S.Ag, Kasi BIMAS Islam, Adri Ahmad, SHI, MA dan Kasi PHU Irsyad, S.Ag.  Dalam sambutan sekaligus arahannya, Kakan Kemenag mengatakan, peserta yang telah sampai pada tahap seleksi ini harus bersyukur. Karena, begitu banyaknya lamaran masuk untuk mengisi posisi ini.

"Di luar sana banyak yang menginginkan untuk bergabung dengan Kemenag. Kami mengucapkan selamat kepada 44 peserta yang telah sampai ke tahap ini. Hal ini harus disyukuri," kata H. Helmi.

Ia menegaskan, dalam proses seleksi ini, tidak ada calon tenaga honorer yang tidak melalui proses. Semuanya mengikuti standar yang ada.

"Tenaga honorer Kemenag, harus mengikuti proses. Tidak ada jalur khusus karena ada standarnya. Honorer kemenag harus memiliki standar agama, standar perilaku dan standar kompetensinya," tegas Kakan Kemenag.

Kakan Kemenag juga menambahan, Baik tenaga honorer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS), digolongkan pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Semuanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama.

"Perlu Kami sampaikan, honorer juga termasuk kepada ASN. Untuk itu, harus menjalankan tiga fungsi ASN yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayan masyarakat dan perekat persatuan bangsa. Tindak tanduk di luar sana, tak terlepas sebagai cerminan Kemenag Padang Pariaman," ujar H. Helmi.

Pada kesempatan itu H. Helmi juga berpesan, agar seluruh peserta mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Seluruh peserta dihimbau untuk percaya diri dalam mengikuti seleksi.  Harapannya, agar terjaring calon Pramubakti yang kompeten dan berkualitas.

"Orang sukses ada 4 (empat) kuncinya. Yakin, semangat, taat aturan dan selalu berdoa. Selamat mengikuti seleksi dan semoga terpilih untuk bergabung dengan keluarga besar Kemenag Kabupaten Padang Pariaman," pungkas Kakan Kemenag.

Usai dibuka secara resmi, kegiatan seleksi dipimpin oleh Kasi BIMAS Islam, Adri Ahmad, SHI, MA. Sebelum memulai seleksi, ia memandu peserta melakukan relaksasi dan sekaligus menjelaskan tata tertib serta rangkaian seleksi.

"Kegiatan ini berlangsung dua tahap, yaitu ujian tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara. Seleksi ini tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan," kata Adri Ahmad. (Edo)