Kasi Bimas Islam Tegaskan Percepatan Program Revitalisasi Kua

Kasi Bimas Islam Tegaskan Percepatan Program Revitalisasi Kua
Kasi Bimas Islam Tegaskan Percepatan Program Revitalisasi Kua

Palembayan, Humas-- Didampingi Ka.Kua Palembayan, Kasi Bimas Islam menegaskan percepatan revitalisasi Kua terhadap pelayanan KUA Palembayan pada Kamis (27/01) di Balai Nikah Kua Kecamatan Palembayan.

Ka. Kua Palembayan, Penghulu, JFU dan Penyuluh Agama Islam Palembayan mendengarkan penjelasan Kasi Bimas Islam dengan bersemangat.

"Revitalisasi Kua merupakan penegasan dari 10 Tugas dan Fungsi Kua Kecamatan dalam pelayanan kepada masyarakat. KUA kecamatan tidak hanya mencatatkan nikah tetapi juga pelayanan keagamaan secara keseluruhan. Kita harapkan masyarakat merasakan kehadiran Kua dalam mengurus wakaf, zakat, masjid dan persoalan keagamaan lainnya. Pelayanan mudah, cepat dan ramah dirasakan oleh masyarakat. " Ujar Kasi Bimas Islam

"Program Keluarga Sakinah merupakan program Unggulan Kemenag Agam untuk dilaksanakan Kua. Kami harapkan Penghulu dan Penyuluh menyebarluas konsep-konsep keluarga sakinah ditengah masyarakat. Penyebaran tersebut bisa berbentuk poster, famlet, buletin Jumat maupun didalam ceramah ilmiah, kajian rutin, khutbah Jum'at dan dalam kegiatan agama lainnya. Poster maupun Famlet sudah kami lihat dan perhatikan di Kua Palembayan. Terimakasih semoga bernilai ibadah" Tambah Kasi Bimas Islam.

Kasi Bimas Islam meminta kehati-hatian dalam menyikapi isu-isu keagamaan dan  aliran sesat. Diharapkan berkerjasama dengan lembaga keagamaan dan instansi terkait dalam hal permasalahan keagamaan.

Kepala Kua Palembayan mengucapkan terimakasih kepada Kasi Bimas atas pembinaan ini. "Kua Palembayan berusaha mewujudkan visi dan misi kementerian agama RI di Kecamatan. Begitu juga Program Kementerian Agama. Revitalisasi Kua, Tranformasi Digitalisasi, Moderasi Beragama dan Pusaka Sakinah diterapkan secara berangsur dengan memperhatikan SDM dan Sapras Kua Palembayan. Dukungan dan motivasi Kementerian Agama Kabupaten Agam merupakan modal semangat dalam pelayanan keagamaan di Kecamatan Palembayan," Ujar Ka. Kua Palembayan.

Kua Palembayan mempunyai seorang Penghulu, Seorang Penyuluh Fungsional, 3 JFU, 2 P3N, 8 Penyuluh Non PNS dan Seorang Pramukantor. 

Kecamatan Palembayan terdiri dari 56 Masjid, 90 Mushalla, 22 Langgar, 14 MDTA, 110 TPQ, 71 Tanah Wakaf, 6 Nagari Defenitif, 4 Nagari Persiapan, 1 Pesantren, 5 MTSN dan 1 MIN. (Irsyad)