H.Miswan : Jadikan Kegiatan Ektrakurikuler Sebagai Wadah Untuk Mengembangkan Bakat

H.Miswan : Jadikan Kegiatan Ektrakurikuler Sebagai Wadah Untuk Mengembangkan Bakat

Pariaman, Humas--Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) MTsS Muhammadiyah Kota Pariaman terus berlatih, Sabtu (05/02) di lapangan MTsS Muhammadiyah untuk persiapan Lomba Perkemahan HW Pengenal se-Sumbar yang diadakan oleh Kwarwil Sumbar.

Untuk diketahui Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (Ortom) di Lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. HW pertama kali didirikan di Yogyakarta pada 1336H (1918M) atas prakarsa KH. Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah.

Tiga tahun terakhir ini, MTsS Muhammadiyah Kota Pariaman sudah mulai memperkenalkan sekaligus melatih peserta didiknya tentang kepanduan HW. Setiap Sabtu puku 14.00 WIB, pandu HW kembali berkumpul di lapangan MTsS Muhammadiyah untuk berlatih dengan didampingi oleh Ramada dan bunda Hizbul Wathan MTsS Muhammadiyah.

Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) ini merupakan kegiatan layaknya Pramuka. Siswa dilatih beberapa keterampilan diantaranya, tidak takut susah, bisa bertahan dengan bekal seadanya, kemandirian, dan masih banyak lagi.

Ditambahkan oleh Ramanda Almasykura, S.Pd bahwa dalam waktu dekat MTsS Muhammadiyah akan mengikuti lomba perkemahan HW Pengenal se- Sumbar yang diadakan Kwarwil di Anai Resort akhir Februari 2022 nanti.

“Ini kegiatan perdana yang diikuti MTsS Muhammadiyah setelah pandemi dan bermanfaat sekali bagi pandu HW MTsS Muhammadiyah Kota Pariaman karena dapat menimba pengalaman dengan Qabillah HW se-Sumbar,” ujar Ramanda Almasykura.

“HW berasaskan Islam yang didirikan untuk membina generasi yang memiliki Aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlakul karimah yang bertujuan mewujudkan pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader pesyarikatan, umat, dan bangsa.” ungkap Ramanda bangga.

H. Fakhrurrazi Kasmy mengatakan bahwa ” Hizbul Wathan (HW) adalah kegiatan kepanduan yang berada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah, yang kalau di sekolah umum di sebut dgn pramuka. Melalui kegiatan HW kita mengharapkan akan terbentuk karakter siswa yang islami dan cinta tanah air."

Hal senada juga disampaikan oleh Kakan Kemenag Kota Pariaman, H. Miswan. Terpisah dirinya menghimbau agar menjadikan kegiatan ektrakurikuler di Sekolah sebagai wadah untuk mengasah dan berlatih serta mengembangkan bakat sebagai bekal di masa depan.( IS/PM/RS/rita)