Kemenag Kota Padang Apresiasi Kegiatan Pesantren Ramadhan se-Kota Padang

Kemenag Kota Padang Apresiasi Kegiatan Pesantren Ramadhan se-Kota Padang

Padang, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi Apresiasi antusias Peserta didik yang mengikuti Pesantren Ramadhan Khusus tingkat MA/SMA/SMK, tahun 2022M/1443H demikian diungkapkannya saat berikan sambutan dalam kegiatan tersebut, berlangsung di Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang, Kamis 7 April 2022.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung Walikota Padang Hendri Septa yang mana Pesantren Ramadhan Khusus kali ini mengangkat Tema "Membentuk Generasi Yang Islami dan Berprestasi Menuju Pemimpin Masa Depan". Kegiatan ini diikuti sebanyak 150 siswa dari 33 MA/SMA/SMK se-Kota Padang.

H. Edy Oktafiandi menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan Khusus yang  digelar secara serentak tingkat MA/SMA/SMK se-Kota Padang akan digelar selam 19 hari terhitung Rabu hingga Senin 7 s.d 25 April 2022, untuk itu diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para peserta didik sehingga amal ibadah di Bulan Ramadhan akan lebih berkesan dan bermakna bagi para siswa.

Bagi pembimbing guru agama Islam yang ada di sekolah umum  maupun pengawas PAI ikut membimbing dan mengarahkan kegiatan Pesantren Ramadhan sehingga materi pesantren Ramadhan bisa tepat sasaran apakah terkait akhlak, fiqih, Quran, hadits, tarikh dan lainnya.

“Sehingga hasil pesantren Ramadhan akan bisa optimal dan bisa terimplementasi dengan baik dalam sikap dan perilaku yang baik bagi para siswa selama Ramadhan maupun sesudahnya," harap kemenag.   

"Semoga kegiatan pesantren Ramadhan Khusus ini bisa menambah pengetahuan siswa siswi yang mengikuti dan meningkatkan semangat siswa dalam beribadah di bulan Ramadhan sekaligus dapat mempererat ukhuwah dewan guru dan para ustadz yang berikan materi," sambungnya.

Lebih jauh, H. Edy menyebutkan bahwa kegiatan ini perlu dilaksanakan rutin tiap tahunnya sebab ini adalah salah satu ajang untuk peningkatan keimanan dan tambahan ilmu agama bagi siswa selama Ramadhan.

“Dari dua belas bulan dalam kalender Hijriyah, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. bulan penuh ampunan dan barokah. mari kita tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini dan semoga kita termasuk golongan yang berkesampatan untuk menemui malam lailatul Qadar," harapnya.

Terakhir dalam penuturannya, H. Edy menjelaskan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan ini agar  bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa dan membimbing beribadah yang baik selama berpuasa, dan juga  dengan selalu memperdalam ilmu agama  tersebut maka Ramadhan akan lebih bermakna positif bagi siswa.

Kegaiatan tersebut, dihadiri Kepala seksi Pendidikan Agama Islam Aidil Khurdiansyah, Pengawas Madrasah /PAI,  Kepala Madrasah dan Kepala KUA se Kota Padang, Ketua Masjid Nurul Iman Kota Padang, Prof. Salmadanis, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang, H. Maigus Nasir beserta segenap unsur Forkopimda dan tamu undangan baik dijajaran Kemenag maupun Pemerintah  Kota Padang. (HarisTJ)