Bergabung dengan UPG 19, Jemaah Kloter Pamungkas Embarkasi Padang Tiba di Asrama Haji

Bergabung dengan UPG 19, Jemaah Kloter Pamungkas Embarkasi Padang Tiba di Asrama Haji
Bergabung dengan UPG 19, Jemaah Kloter Pamungkas Embarkasi Padang Tiba di Asrama Haji
Bergabung dengan UPG 19, Jemaah Kloter Pamungkas Embarkasi Padang Tiba di Asrama Haji


Padang, Humas-- Sebanyak 140 jemaah haji Embarkasi Padang merapat di Asrama Haji Embarkasi Padang, Jumat (1/7). Kedatangan jemaah pamungkas ini disambut lantunan shalawat badar oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi.

Tepat pukul 10.00 wib bus yang membawa jemaah Kota Padang Panjang tiba diasrama haji. Disusul Jemaah Limapuluh Kota, Kota Padang, Bukittinggi, dan Kota Payakumbuh yang didampingi Kakan Kemenag masing masing.

Sebelum azan Jumat berkumandang, Jemaah Haji dari Kabupaten Sijunjung, Padang Pariaman, Mentawai, dan ditutup Dharmasraya juga sudah merapat ke Asrama Haji Embarkasi Padang.

Isak tangis tak terbendung saat  jemaah tiba di Asrama haji dan turun dari kendaraan. Lantunan shalawat badar yang menggema dari  PPIH Embarkasi menambah suasana haru dan petugas pun ikut terhanyut oleh keharuan jemaah haji ini. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Joben menyampaikan Kloter VIII Embarkasi Padang ini adalah Kloter sapu jagat. Dimana jemaahnya ada dari 13 Kabupaten Kota.

"Jemaah Kloter VIII (PDG 08) ini berjumlah 140 orang dengan rincian 136 jemaah Sumatera Barat yang berasal dari 13 kabupaten kota, 2 orang jemaah Bengkulu ditambah 2 orang Petugas, 1 diantaranya Pembimbing ibadah, dan 1 tenaga medis," ungkap Joben.

Adapun rincian jemaah Sumbar lyang berjumlah 136 orang lanjut Joben, Jemaah Kota Padang 40 orang, Padang Panjang 37 orang, Agam 12 oran, Dharmasraya 10 orang, Sijunjung 7 orang, Padang Pariaman 6 orang.

Kemudian Kota Bukittinggi 5 orang, Payakumbuh 4 orabg, Limapuluh Kota 3 orang, Sawahlunto 3 orang, Pasaman Barat 3 orang, Mentawai 2 orang dan Kabupaten Solok 2 orang.

"Alhamdulillah semua jemaah dalam keadaan sehat dan sudah di PCR 72 jam sebelum terbang ke Tanah Suci. Termasuk suntik maningitis, vaksin covid 19 dan pemeriksaan kesehatan," terang Joben.

Sebelum diterbangkan ke Tanah Suci, jemaah akan dilepas secara resmi malam ini oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Kanwil Kemenag Sumbar dan seluruh instansi terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji ini.

Diinformasikan Joben, jemaah terakhir Embarkasi Padang ini akan diberangkat esok hari, Sabtu 2 Juli 2022 bergabung dengan jemaah Ujung Pandang (UPG) 19 Embarkasi Makassar pada pukul 13.50 wib dari Bandara International Minangkabau menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. RinaRisna