Jelang Pemilu 2024, Kemenag Kab. Solok Tandatangani MoU dengan Bawaslu

Jelang Pemilu 2024, Kemenag Kab. Solok Tandatangani MoU dengan Bawaslu

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Zulkifli dan Ketua Bawaslu Afri Memori, SE menandantangani MoU menyukseskan Pemilu 2024 di aula Hubbul Wathan, Selasa (6/9).

Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Komisioner Bawaslu serta pejabat Kantor Kemenag Kabupaten Solok dan peserta rapat dinas yang terdiri pejabat fungsional, kepala madrasah, kepala kua dan kaur TU madrasah se kabupaten Solok.

Dalam sambutannya Afri Memori menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini sebagai upaya menyukseskan pesta demokrasi di negara ini, yakni Pemilu Serentak yang akan dihelat pada tahun 2024 mendatang.

"Kita berharap netralitas PNS, TNI / Polri dimanfaatkan dengan ikut mensosialisasikan tahapan dan langkah-langkah Pemilu, begitu juga nantinya dapat melakukan fungsi pengawasan dengan melaporkan srtiap mengetahui adanya kecurangan dan tindakan penyimpangan dalam proses Pemilu tersebut nantinya," jelas Afri.

Ditambahkannya, saat ini tahapan pesta demokrsi tersebut telah dimulai dengan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Solok.

Menutup sambutannya Afri memoti berharap semoga tidak ada jajaran Kemenag Kabupaten Solok yang terlibat pelanggaran dalam Pemilu 2024 nanti dan sebaliknya menjadi motor suksesnya pesta demokrasi nantinya.

Kepala Kantor kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli yang turut memberikan sambutan mengatakan, bahwa jajarannya komit dengan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang sikap ASN dalam pelaksanaan Pemilu.

"Dengan adanya MoU ini maka tidak hanya sikap netralitas saja yang kita tegakan, tetapi ikut mengamati, mengkoordinasikan dan menyikapi bila ada melihat, mengetahui kecurangan dalam tahapan pemilu dengan melaporkan ke Bawaslu," ujar H. Zulkifli.

Dalam kesempatan tersebut, H. Zulkifli juga menyampaikan bahwa MoU ini akan ditindak lanjuti dengan sosialisasi ke madrasah aliyah dan pondok pesantren yang memiliki pemilih pemula. Fendi