Siswa MAN Lima Puluh Kota Raih Medali Perak Olimpiade Biologi Tingkat Nasional

Siswa MAN Lima Puluh Kota Raih Medali Perak Olimpiade Biologi Tingkat Nasional

Lima Puluh Kota, Humas -- Deretan prestasi kembali ditorehkan oleh siswa asal Kabupaten Lima Puluh Kota. M. Hanif Satrio, siswa MAN Lima Puluh Kota, Padang Japang, berhasil meraih medali perak pada Olimpiade Biologi Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Lembaga Sains Pelajar. Keberhasilan Hanif langsung mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan.

Kepala kantor mengucapkan selamat kepada Hanif. Kalimat syukur dan rasa bangga juga mengalir dari kepala kantor. Prestasi demi prestasi yang diraih siswa disebut Irwan sebagai anugerah yang patut disyukuri. Di samping itu, prestasi yang diraih siswa harus juga diikuti dengan prestasi tenaga pendidiknya.

“Selamat kita ucapkan kepada Hanif. Semoga ini menjadi langkah awal bagi Ananda untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Tetaplah rendah hati, berbagi ilmu dan pengalaman dengan teman-teman. Dan kepada tenaga pendidik juga kami sampaikan, jangan mau kalah dengan siswa. Guru juga harus bersaing meraih prestasi. Semoga pencapaian-pencapaian terbaik bisa kita raih tahun ini, dan ditahun-tahun mendatang,” papar Irwan.

Senada dengan ungkapan kepala kantor, Intan Marajo, Kepala MAN Lima Puluh Kota, didampingi guru pembimbing, Saiyidati menyatakan bangga dengan prestasi Hanif. Hanif telah mengharumkan nama madrasah yang telah ia pimpin. Intan berharap, capaian prestasi Hanif juga menjadi contoh bagi siswa yang lain untuk berprestasi sesuai dengan kompetensi mereka.

Saiyidati menyebut, Hanif adalah seorang anak yang rajin. Putra pasangan Eddy Soekarno dan Fitria Yunenti ini mengikuti Olimpiade Biologi pada 11 Agustus 2022 yang lalu, namun penerimaan hadiah baru beberapa hari yang lalu. Saiyidati menjelaskan, lomba yang diadakan secara online ini diikuti lebih dari dua ribu peserta. Hanif yang memperoleh nilai 92, hanya terpaut tiga angka dengan juara pertama, yaitu dengan nilai 95.

“Apapun capaian Hanif, kita tetap mengapresiasi perjuangannya. Saat ini Hanif duduk di kelas XII IPA 2 dan sedang mempersiapkan dirinya untuk mengikuti Kompetisi Sain Madrasah Tingkat Provinsi Sumatra Barat, Bidang Studi Biologi. Dengan bercita-cita sebagai Guru Bahasa Arab, Hanif selalu menunjukkan keseriusannya dalam belajar. Kita berharap, Hanif dan seluruh kontingen KSM dari Kabupaten Lima Puluh Kota bisa sukses di tingkat provinsi nantinya, yang akan digelar pada 10 hingga 11 September 2022 di MAN 2 Padang,” harap Saiyidati. (Nina)