Bupati Solok Buka Porsadin V Tingkat Sumatera Barat

Bupati Solok Buka Porsadin V Tingkat Sumatera Barat

Koto Baru, Humas- Bupati Solok H. Epyardi Asda membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 dengan Kabupaten Solok sebagai tuan rumah. Pembukaan berlangsung di halaman Islamic Center Koto Baru, Senin (24/10) siang.

Hadir dalam pembukaan ini, Anggota DPR RI Athari Gauti Ardi, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi beserta Ketua DWP Ny. Nazifa Helmi, Perwakilan Dinas Dikpora Sumbar, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok, Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten / Kota se Sumbar, Kepala KUA dan Kepala Madrasah se Kabupaten Solok serta pengurus FKDT se Sumbar.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Agama Sumatera Barat dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Sumbar dengan Kantor Kemenag  serta FKDT Kabupaten Solok.

Tak lupa Kakan kemenag mengucapkan selamat datang pada seluruh kontingen Kabupaten/kota di ranah Solok Nan Indah.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi yang turut memberikan sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian Agama untuk mendukung pendidikan MDTA sebagai sarana menciptkan generasi yang ahli fikir dan ahli zikir.

"Saat ini di Sumatera Barat, saat ini terdata Jumlah Madrasah Diniyyah Takmiliyah  sebanyak 1.671 lembaga, dengan jumlah santri 118.922 di seluruh di Kab/Kota se-Sumatera Barat dan jumlah pengajar sebanyak 8.109 orang," sebut Kakanwil.

Ditambahkan, bahwa lembaga MDTA ini merupakan lembaga pendidikan berbasis masyarakat dengan ciri khas agama, sosial, budaya, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh dan untuk masyarakat. ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap Pendidikan keagamaan. 

Menutup sambutannya H. Helmi menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Solok yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. "Semoga menjadi amal ibadah bagi pak Bupati dan jajaran serta masyarakat Kabupaten Solok," pungkas H. Helmi.

Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi yang turut memberikan sepatah kata menyuntikan motivasi bagi santri MDTA dengan menyebut, santri MDTA adalah penerus cita-cita bangsa. Untuk itu perlu persiapan baik ilmu dan iman agar siap menghadapi tantangan zaman.

Politisi muda ini juga mengundang para kontingen untuk berkunjung ke Cinangkiak Park dan memberikan gratis tiket masuk serta diskon 50 persen untuk wahana.

Bupati Solok yang didaulat membuka kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa MDTA sebagai pendidikan berbasis masyarakat sebagaimana disampaikan oleh Kakanwil, diharapkan mampu tutur serta mewujudkan dan memperkuat tumbuhnya Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah daari generasi muda.

Bupati juga berharap, kurikulum MDTA yang disusun oleh Kementerian Agama mampu bersinergi dengan kearifan lokal sebagai upaya melestarikan budaya yang sejalan dengan aqidah dan norma agam, demi terwujudnya masyarakat madani dan islami.

Usai memberikan sambutan, Bupati dengan didampingi Kakanwil, Athari Gauti Ardhi, Ketua DWP Kemenag Sumbar dan Kakan kemenag Kabupaten Solok melepaskan balon sebagai simbol dibukanya Porsadin V tingkat Sumatera Barat tahun 2022 ini.

Dalam kesempatan ini Kakanwil Kemenag Sumbar dengan disaksikan Bupati Solok menyerahkan bantuan untuk lembaga pendidikan keagamaan serta bantuan untuk guru mengaji,

Rangkaian pembukaan Porsadin V tingkat Sumatera Barat ini ditutup dengan devile dari masing-masing kontingen. Fendi