Lepas Empat Tenaga Pendidik Muda UNP, Kepala Madrasah Berikan Penguatan 4 Kompetensi Guru

Lepas Empat Tenaga Pendidik  Muda UNP, Kepala Madrasah  Berikan Penguatan 4 Kompetensi Guru

Padang, Humas--Setelah satu semester penuh melaksanakan Program Praktek Lapangan (PPL), 4 guru muda Universitas Negeri Padang UNP) dilepas kembali kekampus perkuliahannya oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang Isrizal.

Keempat guru muda tersebut yaitu Bella Zahra Mahani, Refina Zahra, Sazkia Syukma Desra dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Suherman, dan Reni Apriani dengan DPL, Syeilendra. Pelepasan tersebut dikemas dalam sebuah acara perpisahan yang digelar pada hari Jumat, (23/12/22) di ruangan kelas IX.2.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kurikulum yang juga ketua pamong Idra Putri, Wakasis Hj. Maryani Sastera, Wakasarpras Suhelri, Wakahumas Dafril, Tuanku Bandaro, guru pamong Firmayati, Rusyda Masyhudi, Wahyu Prima Nelga, perwakilan guru Sufrizal dan Nelwati. Kepala Madrasah dalam arahannya memberikan penguatan tentang 4 Kompetensi guru yaitu, Kepribadian, Pedagogig, Sosial dan Profesional.

Dikatakan Sang Kepala Madarsah bahwasanya, Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang dewasa, arif dan berwibawa, mantap, stabil, berakhlak mulia, serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik," terang Isrizal.

"Kepribadian yang arif. Seorang pendidik harus menampilkan tindakan berdasarkan manfaat bagi peserta didik, madrasah dan juga masyarakat serta menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan melakukan tindakan" terang Isrizal.

Lanjut Isrizal, Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki.

Kompetensi guru selanjutnya adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan teman sejawat, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua peserta didik, dan masyarakat di sekitar madrasah" lanjut Isrizal.

"Guru memiliki karakteristik tertentu, unik dan istimewa, dari cara berpakaian, cara berjalan, cara bersosialisasi, tutus katanya orang akan tau saja bahwa Ia adalah seorang guru" tutur Isrizal.

"Kompetensi guru yang terakhir adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional yaitu penguasaan terhadap materi pembelajaran dengan lebih luas dan mendalam. Mencakup penguasaan terhadap materi kurikulum mata pelajaran dan substansi ilmu yang menaungi materi pembelajaran dan menguasai struktur serta metodologi keilmuannya" kata Isrizal mengakhiri.

Semantara itu, Rusyda Masyhudi perwakilan guru pamong dalam sambutannya meminta agar ilmu dan pengalaman lapangan yang sudah didapat selama satu semester hendaknya menjadi modal besar untuk menjadi seorang guru yang mampu menjadi seorang teladan, ditiru dan akan digugu oleh peserta didik.

"Teori yang dipelajari di bangku perkuliahan terkadang tidaklah berbanding lurus dan sama dengan realita ketika diruang kelas, maka perpaduan antara teori dan praktek dilapangan akan memperkuat keprofesionalan seorang guru" ujar Rusyda yang audah 2 tahun sebagai penulis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) itu.

Salah seorang Mahasiswa atas nama  Bella selaku ketua PPL mengucapkan terima kasih kepada Kepala Madrasah, unsur pimpinan, guru pamong beserta majelis guru dan pegawai yang telah menerima mereka, memberikan kesempatan untuk belajar, mencurahkan ilmu, dan mengajarkan banyak hal selama melaksanakan PPL di MTsN 1 Padang sebagai bekal mereka untuk menjadi seorang pendidik.
(DTB)*Htj