MTsN 1 Padang Tutup Akhir Semester 1 Dengan Tadabbur Alam

MTsN 1 Padang Tutup Akhir Semester 1 Dengan Tadabbur Alam

Padang, Humas-Pepatah minang mengungkapkan, Lawik tabaka jadi abu, Ambun satitiek mamadami, Alam takambang jadi guru, Ambiek pangaja kabadan diri.

Pepatah ini mengisyaratkan bahwa pembelajaran itu tidak saja membaca yang tersurat tetapi juga yang tersirat, tidak saja tekstual tetapi juga vaktual dan kontekstual. Dan alam ciptaan Allah adalah sumber belajar, media pembelajaran, dan juga sumber ilmu pengetahuan.

Hal itulah yang di yang dilakukan keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang guna menutup proses pembelajaran dan evaluasi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Dan hal itu teraplikasi dalam kegiatan Tadabbur Alam dengan rute perjalanan Padang-Tan Kayo Malalo, Kabupaten Tanah Datar, Tan Kayo-Malibo Anai dan Malibo Anai- Padang, Sabtu (24/12/22).

Kegiatan Tadabbur Alam tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Isrizal bersama unsur pimpinan (Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, dan Dafril), dikoordinatori oleh Sufrizal dan Erina Erlis serta diikuti majelis guru dan pegawai.

Tadabbur Alam yang bertemakan "Merajut Hati dan "Mempererat Silaturrahmi" itu diisi dengan beberapa kegiatan di lapangan diantaranya lomba Balap Air menggunakan selendang dan Tebak Kata antar guru dan pegawai.

Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengatakan bahwa, Tadabbur Alam ini memiliki multi tujuan. Diantaranya menikmati keindahan alam dan mengambil pelajaran, refreshing, rileksasi akhir semester, merajut hati, mempererat silaturrahmi dan membangun kebersamaan.

"Kegiatan hari ini kita jadikan sebagai pijakan awal untuk menyiapkan acara yang lebih besar. Jika hari ini hanya dalam jarak tempuh yang dekat, maka tidak tertutup kemungkinan tahun depan kita keluar provinsi" ujar Isrizal.

Isrizal menambahkan begitu banyaknya potensi dan talenta siswa yang kita miliki. Maka tidak ada salahnya kita mimpikan untuk menggekar acara terakbar untuk menampilkan semua kreatifitas, bakat dan talenta siswa di sebuah tempat yang besar dan menghadirkan pihak-pihak yang berkompeten.

Sufrizal, selaku koordinator kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa, jumlah peserta sebanyak 47 orang guru dan pegawai. Kata Sufrizal sebelum pandemi, kegiatan Tadabbur Alam ini telah sering dilaksanakan bahkan hampir setiap tahun. Dan pasca pandemi inilah yang pertama kali dilanjutkan kembali.

"Kegiatan ini kita laksanakan dipenghujung Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meneguhkan ukhuwah islamiyah diantara kita dengan harapan, kita akan semakin solid, makin kuat persaudaraan dan rasa kekeluargaan. Selain itu juga dalam rangka penyegaran dan refreshing" kata Sufrizal.

Sementara bagi Erina Erlis Tadabbur Alam ini menjadi momentum perpisahannya dengan teman sejawat di MTsN 1 Kota Padang. Seiring dengan telah keluar SK pindah tugasnya ke MTsN 6 Kota Padang, dan akan bertugas ditempat yang baru mulai awal Januari tahun 2023.
(DTB)*Htj