Jumat Berkah, MAN 2 Bukittinggi Gelar Donor Darah

Jumat Berkah, MAN 2 Bukittinggi Gelar Donor Darah

Bukittinggi, Humas--Pelaksanaan Jumat berkah (17/3/23) di MAN 2 Bukittinggi diisi dengan berbagai kegiatan sosial. Salah satu aksi sosial yang dilakukan siswa bersama beberapa majlis guru yaitu melakukan aksi kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya.

Kegiatan ini dibantu oleh 1 dokter dan 3 petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi yang bekerjasama dengan ekskul Palang Merah Remaja (PMR) MAN 2 Bukittinggi. Ini merupakan agenda rutin sebagai komitmen MAN 2 Bukittinggi mendukung PMI kota Bukittinggi untuk membantu ketersediaan darah.

Ahsanul Husna selaku guru pembimbing megatakan kegiatan PMR bulan Maret 2023 di MAN 2 Bukittinggi berhasil mengumpulkan 20 kantong darah. "Alhamdulillah PMR MAN 2 Bukittinggi pada Maret 2023 berhasil melakukan kegiatan rutinan bulanannya untuk bulan ini ada 20 orang pendonor. Kita sangat senang sekali PMI mendukung ekskul yang banyak sekali manfaatnya. Walaupun banyak yang ingin mendonorkan darah namun setelah dicek hb dan tensi hanya 20 orang yang bisa." katanya.

"Semoga bulan depan setelah lebaran pendonor kita meningkat, karena mendonorkan darah selain memiliki syarat usia juga memenuhi kriteria kesehatan. Kebanyakan yang mendonor hari ini siswa kelas XI, untuk siswa kelas XII tidak ikut karena sedang mengikuti gladi bersih persiapan acara perpisahan. Kita dari ekskul PMR terus mensosialisasikan kepada warga madrasah untuk giat melakukan donor darah, karena dengan mendonorkan darah kita juga bisa mengetahui kondisi tubuh sehingga semakin peduli dengan kesehatan,’’ papar Ahsanul Husna.

Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan, donor darah ini sebagai bentuk komitmen MAN 2 Bukittinggi setelah menandatangani MOU (memorandum of understanding) dengan PMI kota Bukittinggi  beberapa waktu lalu. "Kita memberikan apresiasi kepada siswa dan guru yang ikut ambil bagian pada kegiatan ini. Kita terus mendorong semua warga MAN 2 Bukittinggi untuk ambil bagian dalam mendonorkan darahnya. Hal ini tidak hanya untuk ketersediaan stok darah tapi secara rutin kita bisa cek kesehatan masing- masing secara gratis," katanya.

Selanjutnya kepala MAN 2 ini menyampaikan bagi yang masih hb dan tensi rendah semoga untuk kegiatan berikutnya bisa bergabung. "Setetes darah kita menyelamatkan banyak nyawa dan kegiatan ini tidak memandang suku, agama, ras dan golongan. Hal ini bentuk realisasi nilai- nilai persatuan bangsa juga rasa kesetiakawanan sosial. Terimakasihbanyak kepada pembina PMR MAN 2 Bukittinggi beserta siswa atas kerjasamanya kegiatan rutinan kita bisa berjalan dengan lancar,’’ ungkap Amri.J.(Yuli/Syafrial)
.