Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Kakanwil Minta Maksimalkan Inovasi

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Kakanwil Minta Maksimalkan Inovasi

Padang, Inmas--Meningkatnya indek kepuasan jamaah haji atas  suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 diwujudkan dengan rasa syukur  dan ucapan terimakasih Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri saat membuka sekaligus memberi arahan dalam acara Ngomong Masalah Haji (ngaji), Selasa (10/12).

Bertempat di Aula Amal Bhakti II Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat kegiatan ini dihadiri Seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota, Kepala Seksi Haji dan Umrah baik di Lingkungan Kanwil ataupun pada Kankemenag Kabupaten Kota.

Dalam sambutannya yang menyiratkan kepuasan H. Hendri menyampaikan harapan agar prestasi demi prestasi dapat terus dipertahankan, kepuasan jamaah haji terus di tingkatkan tiap tahunnya, dan dapat menambah inovasi-inovasi terbaru di tahun ini namun tetap mempertahan dan inovasi-inovasi yang telah ada.

Kakanwil juga berharap pemaksimalan untuk menghadirkan siswa madrasah saat jamaah haji melewati tempat yang telah ditentukan, syiar berupa pemasangan spanduk di jalan-jalan besar dan provinsi untuk mengsyiarkan ini ke masyarakat-masyarakat serta layanan untuk jamaah baik yang baru sampai dari daerah maupun dari tanah suci.

“Dengan adanya peningkatan layanan ini akan berdampak positif pada peningkatan peserta pendaftaran haji, kesadaran masyarakat untuk naik haji dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan manasik sepanjang tahun, bagi kita yang sudah melakukan dua tahap, pertama pembimbing ibadah yang sudah bersertifikat dengan sertifikasi pembimbing ibadah yang sudah mencapai angka 200 orang di dua tahun terakir untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat, Jambi dan Bengkulu," ujarnya.

“Kita sebagai salah satu daerah yang mayoritas muslim nomor empat terbanyak tentunya pelaksanaan ibadah haji kita termasuk di perhitungkan di tingkat internasional. Dengan jumlah calon jamaah haji mencapai 4,7 juta orang yang antri untuk berangkat haji, untuk Sumbar sendiri sudah mencapai 85 ribu orang yang antri untuk di berangkatkan ke Makkah,” paparnya.

"Di sisi dunianya haji ini banyak manfaat yang diperoleh, pertama membangun kepekaan sosial, yang kedua ialah bagaimana melakukan pertemuan internasional sesama muslim tingkat dunia, bisnis, dan tidak kalah pentingnya penyelesaian hubungan haji 2020 untuk print pervisaan hari ini cukup di lakukan di Kanwil Kemenag agar lebih efektif dan efisien maka penyelesaian hubungan ini perlu menjadi salah satu fokus untuk Kankemenag bersama kasi, yang kedua pengisian kelompok terbang berbasis donasi dari berbasis kecamatan menjadi berbasis kecamatan," jelas Hendri lagi.

Hendri meminta peserta untuk berdiskusi masalah-masalah inovasi, perbaikan masalah  layanan, masalah pembinaan, berkaitan dengan pembinaan, perlindungan jamaah dan petugas pemimpin ibadah haji yang sudah bersertifikasi di tahun depan,(Dila/Jamil)|DW